STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN TEKS FABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL

WALID YUSOH, 12210183152 (2024) STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN TEKS FABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (906kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (201kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran menceritakan Teks Fabel di Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol” yang ditulis oleh Walid Yusoh, NIM. 12210183152, Progam Studi Tadris Bahasa Indonesua, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dra. Siti Zumrotul Maulidia. M.Pd.I Kata kunci : strategi problem based learning, pembelajaran menceritakan teks fabel Kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs salah satunya terdapat pada KD 4.11 yaitu menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat (mengurutkan isi cerita fabel, menceritakan kembali isi fabel secara lisan). Terkait hal tersebut, peran guru diperlukan sebagai pendidik dan pengajar yang profesional harus memilih strategi yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi dalam menyajikan materi untuk mencapai tujuan, evaluasi sebagai alat mengukur kemampuan serta sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut penelitian tentang pembelajaran menceritakan teks fabel dilakukan terutama di kelas VII. Adapun penelitian tentang menceritakan teks fabel tersebut dilakukan di SMP Negeri 1 Sumbergempol dengan guru di sekolah tersebut menerapkan strategi tertentu dalam proses pembelajaran menceritakan teks fabel. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi problem based learning dalam pembelajaran menceritakan teks fabel di kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi problem based learning dalam pembelajaran menceritakan teks fabel dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan strategi berpusat pada siswa yaitu dengan menerapkan strategi berbasis masalah pada materi cerita fabel. Adapun kegiatan-kegiatan pada strategi ini meliputi a) Orientasi siswa pada masalah, b) Mengorganisasikan siswa untuk belajar, c) Membimbing penyelidikan individu atau kelompok, d) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, e) Menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah. Hadirnya strategi ini membuat kondisi awal pembelajaran yang pasif menjadi aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Naskah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183152 WALID YUSOH
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:29
Last Modified: 25 Mar 2024 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44452

Actions (login required)

View Item View Item