SITI CHOIRUL NIKMAH, 12205193073 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS POP UP BOOK PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (397kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Siti Choirul Nikmah. 2023. Pengembangan Media Ajar Mata Pelajaran Matematika Berbasis Pop Up Book Pada Materi Volume Kubus dan Balok di MIN 14 Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemahaman siswa dalm mengkonstruksi bangun ruang kubus dan balok. Penyampaian meteri yang masih terkesan verbal juga membuat siswa kurang antusias dan mudah bosan saat pembelajaran. Hal ini membuat guru perlu memperhatikan lebih dalam penggunaan media. Media harus sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan. Oleh karena itu, agar siswa dapat memahami pembelajaran dengan jelas dilakukan pengembangan media ajar mata pelajaran matematika berbasis pop up book. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Mengetahui desain pengembangan media ajar mata pelajaran matematika berbasis pop up book 2) Mengetahui langkah-langkah pengembangan produk media ajar mata pelajaran matematika berbasis pop up book 3) Mengetahui efektivitas pengembangan media ajar mata pelajaran matematika berbasis pop up book. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan menurut Borg and Gall yang terdiri atas 10 tahap yaitu analisis, perencanaan, pengembangan produk jenis pertama, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, pengujian implentasi lapangan, revisi produk akhir, diseminasi dan implementasi. Media juga telah diujicobakan terhadap siswa-siswi kelas V MIN 14 Blitar. Skor kevalidan media yang diperoleh dari ahli materi 90,55%, ahli instrumen soal dengan skor 88,33% dan ahli media pembelajaran dengan skor 83,85% yang termasuk valid. Skor angket guru dan siswa mendapat rata-rata 85% yang juga telah valid. Sedangkan dilihat dari hasil uji coba produk kelompok besar diperoleh nilai rata-rata pretest 66,18 dan nilai rata-rata posttest 77,5 dan didapatkan nilai sig (twotailed) 0,000<0,005 hal ini berarti terdapat pengaruh dan peningkatan yang positif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193073 SITI CHOIRUL NIKMAH |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 03:29 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44475 |
Actions (login required)
View Item |