PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR KELAS XI MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR

VITA NIKEN YULIANTI, 12204193252 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR KELAS XI MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (950kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Lembar Kerja Siswa Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Integral Fungsi Aljabar Kelas XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar” ini ditulis oleh Vita Niken Yulianti, NIM 12204193252, Tadris Matematika, Dosen Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Lembar Kerja Siswa, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa. Kurang berminatnya siswa pada mata pelajaran matematika menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kecenderungan ini relatif membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran di kelas. Selain itu, juga masih ditemukannya hasil belajar siswa yang rendah. Tidak tersedianya sumber belajar yang efektif menimbulkan kesulitan dalam proses pembelajaran. Maka dari itu diperlukan strategi pembelajaran yang bisa mengatasi permasalahan tersebut. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran discovery learning menggunakan media lembar kerja siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan media lembar kerja siswa terhadap minat belajar siswa pada materi integral fungsi aljabar kelas XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar, (2) pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan media lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi integral fungsi aljabar kelas XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar, (3) pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan media lembar kerja siswa terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi integral fungsi aljabar kelas XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan postest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IIK 1 dan XI IIK 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan media lembar kerja siswa terhadap minat belajar siswa pada materi integral fungsi aljabar kelas XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 (2) pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan media lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi integral fungsi aljabar kelas XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,002 < 0,05 yang ditunjukkan pada tabel independent samples test (3) pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan media lembar kerja siswa terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi integral fungsi aljabar kelas XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 effect size sebesar 67,5% yang ditunjukkan pada tabel multivariate test. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa ditolak dan diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193252 VITA NIKEN YULIANTI
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:42
Last Modified: 27 Mar 2024 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44481

Actions (login required)

View Item View Item