MUH ROFIQ NUR ABDILLAH, 12201193282 (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MA AL-MUSLIHUN TUNGGANGRI KALIDAWIR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text
DAFTAR PUSATAKA.pdf Download (69kB) |
Abstract
Muh Rofiq Nur Abdillah, NIM. 12209183102, Tahun 2023 “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)) Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Di MA Al-Muslihun Tunggangri Kalidawir” Skripsi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Uin Satu Tulungagung pembimbing Bapak Dr. H. Mutahibun Nafis, M.Ag Kata Kunci: Problem Based Learning , Model Pembelajaran Penelitian Penelitian ini bermula ketika peneliti menemukan sebuah gagasan baru yang ada di madrasah Aliyah Al Muslihun menerapkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Fikih di kelas XI Tentunya moedel pembelajaran tersebut bertujuan agar siswa dapat kondusif mengikuti pembelajaran yang ada di dalam kelas dan tentunya mempunyai pemikiran yang kritis sehingga dapat meningkatkan hasil pembelajaran Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini (1) bagaimana karakteristik Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di (2) bagaimana proses Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI? (3) bagaimana Implikasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan dengan cara melihat dan mengamati Proses Pembelajaran fikih dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di MA Al Muslihun Tunggangri Kaldawir. Sementara itu, dokumen dan penelitian ini berupa informasi tertulis dan bergambar yang berkenaan dengan proses pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang karakteristik model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) masalah pembelajaran fikih di sampaikan pada awal pembelajaran, masalah pada pembelajaran fikih bersumber dari masalah yang nyata. Masalah pembelajaran fikih menuntut presfektif majemuk, masalah pada pembelajaran fikih membuat peserta didik tertantang dan juga sangat mengutamakan belajar mandiri. Adapun proses pelaksaan pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di anatranya guru mnegorientasikan masalah pada peserta didik, guru memberikan motivasi pada siswa, guru membuat kelompok belajar, guru mebantu penyelidikan mandiri maupun kelompok dan siswa menyajikan hasil karya serta memamerkannya. Dari langkah tersebut terdapat implikasi peningkatan hasil belajar pada pelajaran fikih
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193282 MUH ROFIQ NUR ABDILLAH |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 03:49 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 03:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44486 |
Actions (login required)
View Item |