STRATEGI BAURAN PEMASARAN MELALUI PENDEKATAN ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, THREATS (SWOT) UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA JEJAK ALAM ECOPRINT DESA PULOSARI KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

ELINE ANINDA YULIANI, 12402183028 (2024) STRATEGI BAURAN PEMASARAN MELALUI PENDEKATAN ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, THREATS (SWOT) UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA JEJAK ALAM ECOPRINT DESA PULOSARI KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Bauran Pemasaran Melalui Pendekatan Analisis Strenghts, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT) untuk meningkatkan Volume Penjualan pada Usaha Jejak Alam Ecoprint Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Eline Aninda Yuliani, NIM. 12402183028, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Refki Rusyadi, M.Pd.I. Jejak Alam Ecoprint memberikan sebuah inovasi berupa karya ecoprint dengan memanfaatkan kekayaan alam menjadi penghasilan. Namun usaha ecoprint ini masih sedikit pelakunya dan belum banyak orang yang paham tentang apa itu ecoprint, serta produk-produk yang dihasilkan belum bisa terjual setiap harinya. Atas dasar hal tersebut penulis tertarik menggali lebih dalam mengenai strategi bauran pemasaran dan menawarkan untuk membantu melakukan analisis SWOT pada usaha Jejak Alam Ecoprint yang terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Dengan dilakukannya analisis SWOT ini akan diketahui alternatif-alternatif strategi pemasaran yang lebih terarah dan terstruktur. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana strategi bauran pemasaran pada Jejak Alam Ecoprint? 2) Bagaimana hasil SWOT pada Jejak Alam Ecoprint? 3) Bagaimana rekomendasi strategi pada usaha Jejak Alam Ecoprint? Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui usaha Jejak Alam Ecoprint dilihat dari komponen analisis Strength Weakness Opportunities Threat (SWOT). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Dengan Data primer diperoleh dari hasil wawancara yang diolah dan dianalisis oleh peneliti langsung. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data penelitian terdahulu, artikel, jurnal, sumber sumber terkait, dan diperoleh dari catatan usaha Jejak Alam Ecoprint. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data yang diperoleh, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Ada beberapa strategi 9P yang dilakukan usaha Jejak Alam Ecoprint. 2) Dari keempat faktor analisis SWOT, faktor kekuatan (strength) menjadi faktor yang paling dominan dengan skor total 2,60 sehingga usaha Jejak Alam Ecoprint memiliki kekuatan-kekuatan yang bagus untuk meningkatkan penjualan. 3) Rekomendasi strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT yaitu dengan cara memaksimalkan kekuatan dengan memanfaatkan peluang untuk memperoleh keuntungan yaitu : mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, terus melakukan inovasi produk, mengikuti pelatihan bisnis untuk meningkatkan kinerja perusahaan, menggencarkan promosi baik secaraonline maupun offline, sering membuat konten-konten yang menarik dan bersifat edukatif terhadap produk ecoprint. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183028 ELINE ANINDA YULIANI
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:06
Last Modified: 25 Mar 2024 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44490

Actions (login required)

View Item View Item