NOVITA DYAH SAYYIDAH, 12207193061 (2024) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Novita Dyah Sayyidah, NIM. 12207193061, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Prestasi Non Akademik Penelitian ini menunjukkan adanya fenomena lapangan yang berkaitan dengan peran kepala madrasah dalam menghadapi persaingan global di tingkat nasional. Oleh karena itu, dunia pendidikan akan dituntut dengan adanya kemampuan daya saing dalam berbagai bidang, baik bidang akademik maupun non akademik. Dalam memperbaiki kualitas pendidikan, tentunya dibutuhkan seorang pemimpin atau kepala madrasah yang akan membawa madrasah tersebut pada sebuah keberhasilan. Adanya hal tersebut tentu dibutuhkan peran seorang kepala madrasah dalam meningkatkan potensi siswa dalam berbagai bidang, terutama pada bidang non akademik. Bermula pada akhir tahun 2019 – sekarang, MIN 1 Tulungagung telah meraih berbagai macam prestasi dibidang non akademik, mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat nasional, sehingga menjadikan MIN 1 Tulungagung sebagai madrasah yang unggul dibidang non akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi non akademik di MIN 1 Tulungagung dengan fokus penelitian; 1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai edukator dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MIN 1 Tulungagung?; 2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai inovator dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MIN 1 Tulungagung?; 3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MIN 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, pembina kegiatan non akademik, pelaksana kegiatan non akademik dan juga guru. Teknik analisis data yang digunakan model Milles dan Hubberman yakni meliputi data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), dan verification (penarikan kesimpulan). Pengecakan keabsahan data dilakukan kredibilitas dengan cara triangulasi data, perpanjangan waktu penelitian, dan peningkatan ketekunan. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut; 1) Peran kepala madrasah sebagai edukator dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MIN 1Tulungagung, dengan merencanakan dan melaksanakan program kegiatan non akademik madrasah melibatkan para bapak/ibu guru, staff, pembina ekstrakurikuler, membentuk paguyuban wali siswa dan melibatkan wali siswa dalam menyukseskan kegiatan non akademik siswa, memberikan pembinaan dan pelatihan kepada guru dan pembina non akademik diluar madrasah, menjalin hubungan yang baik dengan seluruh warga madrasah, dan memberikan arahan kepada seluruh warga madrasah. 2) Peran kepala madrasah sebagai inovator dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MIN 1 Tulungagung dengan melakukan rapat evaluasi dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan, memunculkan ide-ide baru, dan melaksanakan musyawarah serta menerapkan hasil dari ide baru tersebut, membentuk strategi dalam pelaksanaan kegiataan non akademik sesuai dengan jumlah banyak/sedikitnya minat siswa pada kegiatan non akademik tersebut, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan praktek dalam pelaksanaan kegiatan non akademik. 3) Peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MIN 1 Tulungagung dengan memberikan dorongan baik ucapan, tenaga, maupun fikiran kepada seluruh warga madrasah, menyediakan fasilitas kegiatan non akademik, baik pelatih, tongkat, tali, atribut, alat hadroh, alat olahraga dan lain sebagainya, menyeleksi pelatih dan menghadirkan pelatih sesuai dengan bidang non akademik yang diampunya, memberikan apresiasi kepada para pelatih dan siswa yang berprestasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan > Kepala Daerah Pendidikan > Kepala Sekolah Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Pendidikan > Prestasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207193061 NOVITA DYAH SAYYIDAH |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 07:02 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44515 |
Actions (login required)
View Item |