PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG

RIZKI NURADHIKA RAHMAH, 2814123025 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (945kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, Pengaruh Model Pembelajaran Problem posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung ini ditulis oleh Rizki Nuradhika Rahmah dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Problem Posing. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang dinilai cukup berperan penting dalam membentuk siswa menjadi berkualitas, karena matematika adalah sarana berpikir untuk mengkaji sesuatu secara logis dan sistematis. Namun, kenyataannya peserta didik masih banyak yang kesulitan dalam menghadapi mata pelajaran ini. Kesulitan yang dihadapi oleh siswa diakibatkan karena siswa tidak mampu memahami materi matematika secara baik, proses pembelajaran di kelas kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru (teacher-centered) serta kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan. Model pembelajaran sangat berpengaruh pada minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga akan berdampak pada hasil belajar yang dicapainya. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan pembelajaran yang menarik dan kebebasan dalam berpikir untuk memahami materi pelajaran sesuai kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu guru harus mampu memposisikan diri dan menerapkan model pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi yang diajarkan dan karakter siswa yang diajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing?, dan (2) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika materi SPLDV pada siswa kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pemebelajaran problem posing, dan (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika materi SPLDV pada siswa kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, (2) jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, (3) teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, (3) sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yaitu siswa kelas X AK-1 dan X AK-2 dan data sekunder yang berasal dari hasil observasi dan dokumentasi (4) instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan instrumen post test, (5) teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan (6) prosedur dalam penelitian ini melalui tahap persiapan penelitian mulai mengajukan judul sampai penyampaian surat izin penelitian ke lokasi penelitian dan tahap pelaksanaan penelitian mulai dari penyiapan instrumen penelitian, pelaksanaan pembelajaran di kelas kontrol dan kelas eksperimen, pemeberian post test, pengumpulan data, analisis data, interpretasi data hingga penarikan kesimpulan. Setelah peneliti melakukan penelitian dan memperoleh data, selanjutnya peneliti menganalisis data dengan menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai (thitung = 4,056 > ttabel = 1,664) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika materi SPLDV pada siswa kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung. Adapun besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar matematika materi SPLDV pada siswa kelas X SMK PGRI 1 Tulungagung adalah 0,840.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123025 Rizki nuradhika rahmah
Date Deposited: 17 Jan 2017 07:24
Last Modified: 17 Jan 2017 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4452

Actions (login required)

View Item View Item