EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL

DIKY BAGUS PRADANA, 12306193138 (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Diky Bagus Pradana, NIM 12306193138. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mts Darul Falah Sumbergempol”. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dzinnun Hadi, S.Sos.I., M.Pd. Kata Kunci: Teknik Modelling, Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Remaja Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Darul Falah Sumbergempol. Penelitian ini merupakan penelitian quaisi eksperiment dengan menggunakan desain non equivalen pre-test and post-test control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 195 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kategori siswa dengan motivasi belajar rendah yang berjumlah 20 siswa. Subjek 20 siswa nantinya akan dibagi 10 siswa ke dalam kelompok eksperimen dan 10 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengukuran efektivitas teknik modelling menggunakan uji N-Gain score dan Uji independent sample t-test. Hasil yang diperoleh dari N-Gain score menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain score pada kelompok eksperimen 57% maka dapat disimpulkan masuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan nilai ratarata N-Gain score kelompok kontrol 23,2%, maka termasuk ke dalam kategori tidak efektif. Sementara hasil uji independent sample t-test, diketahui nilai t hitung 9,700 > t tabel 2,101 dengan signifikansi 0,05. Sedangkan pada nilai signifikansi sig. (2-tailed) menunjukan nilai 0,00 < 0,05. Dilihat dari analisis tabel statistik, nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 57,0438, sedangkan pada kelompok kontrol peningkatan skor rata-ratanya yaitu 23,1525. Dengan demikian motivasi belajar siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan lebih besar dari pada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik modelling efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Darul Falah Sumbergempol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S.AP 199212082019032026 Laila Rifa'atul Azizah
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:19
Last Modified: 25 Mar 2024 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44522

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item