ANALISIS KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET DI MA BUSTANUL MUTA’ALIMIN BLITAR

DIDIN MAULANA SHOLEHODIN, 12204173204 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BARISAN DAN DERET DI MA BUSTANUL MUTA’ALIMIN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (800kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (815kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Analisis Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Barisan dan Deret di MA Bustanul Muta alimin Blitar" ini ditulis oleh Didin Maulana Sholehodin, NIM 12204173204, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si, M.Pd.. Kata Kunci: Generalisasi Matematis, Masalah Matematika, Barisan dan Deret. Penalaran merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara yang digunakan untuk melakukan penalaran yaitu menggunakan metode generalisasi. Generalisasi adalah suatu kemampuan dalam memecahkan masalah atau fenomena tertententu sehingga konsep atau hukum penyelesaiannya dapat diterapkan dalam masalah atau fenomena lain yang berkaitan. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan generalisasi matematis pada tahap Perception of generality, Expression of generality, Syimbolic expression of generality, dan Manipulation of generality dalam menyelesaikan masalah matematika materi barisan dan deret di MA Bustanul Muta'alimin Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan generalisasi matematis siswa berkemampuan akademik rendah dalam menyelesaikan masalah Matematika materi barisan dan deret: (2) mendeskripsikan kemampuan generalisasi matematis siswa berkemampuan akademik sedang dalam menyelesaikan masalah Matematika materi barisan dan deret; (3) mendeskripsikan kemampuan generalisasi matematis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah Matematika materi barisan dan deret; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Sedangkan tahap analisis data yang digunakan yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Generalisasi Matematis Siswa Berkemampuan Akademik Tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika materi barisan dan deret mampu memenuhi semua indikator yaitu tahap perception of generality. Expression of generality, Symbolic expression of generality, dan Manipulation of generality dengan tepat; 2) Generalisasi Matematis Siswa Berkemampuan Akademik sedang dalam menyelesaikan masalah matematika materi barisan dan deret pada soal nomor 1 mampu memenuhi semua indikator perception of generality, Expression of generality, Symbolic expression of generality, dan Manipulation of generality. Sedangkan pada soal nomor 2 hanya memenuhi dua indikator saja yaitu perception of generality dan Expression of generality, 3) Generalisasi Matematis Siswa Berkemampuan Akademik rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi barisan dan deret pada soal nomor 1 mampu memenuhi indikator perception of generality, Expression of generality, tetapi belum memenuhi tahap Symbolic expression of generality dan Manipulation of generality. Pada soal nomor 2 hanya memenuhi satu indikator saja yaitu Perception of generality.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173204 DIDIN MAULANA SHOLEHODIN
Date Deposited: 28 May 2024 07:56
Last Modified: 28 May 2024 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44523

Actions (login required)

View Item View Item