PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS CANDI PENATARAN SEBAGAI SUMBER SEJARAH SISWA KELAS VII DI MTS SALAFIYAH KASIM KOTA BLITAR

AHMAD AHSAN, 12209193049 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS CANDI PENATARAN SEBAGAI SUMBER SEJARAH SISWA KELAS VII DI MTS SALAFIYAH KASIM KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS SEBAGAI SUMBER SEJARAH DENGAN TEMA CANDI PENATARAN PADA SISWA KELAS VII DI MTS SALAFIYAH KASIM” ini di tulis oleh Ahmad Ahsan, NIM 12209193049, Pembimbing Dita Hendriani,M.A NIP 197912202014032001 Kata Kunci: Pengembangan, Infografis, Candi Penataran Media pembelajaran merupakan hal yang penting dilakukan dalam pembelajaran, karena itu peneniliti melakukan pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MTs .Salafiyah Kasim karena di sekolah tersebut memiliki potensi dan masalah. Masalah yang peneliti temukan di kelas ialah kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah di kelas, yaitu pada awal pembelajaran ada siswa yang sudah merasa mengantuk dan selain itu siswa yang lainnya lebih suka untuk bermain dengan teman sebangkunya, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam materi. Dari hasil observasi tersebut peneliti mendapat beberapa rumusan masalah yaitu 1.) Bagaimana langkah langkah pengembangan media infografis pada tema candi penataran siswa kelas VII di Mts Salafiyah Kasim. 2.)Bagaimana tingkat kevalidan pengembangan media infografis pada tema candi penataran siswa kelas VII di Mts Salafiyah Kasim Penelitian ini termasuk pada penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data oleh peneliti menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh nantinya data berupa kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil observasi serta wawancara singkat dan data kuantitatif berupa nilai dari tes serta hasil dari validasi media infografis. Kevalidan media infografis pada tema candi penataran dalam kategori baik. Dalam uji validitas ahli media rata-rata 50 dengan persentase 83%, uji validitas ahli materi memiliki ratarata 93 dengan persentase 88%. Berdasarkan hasil tersebut media infografis layak digunakan. Langkah-langkah pengembangan media infografis pada tema candi penataranTahap pertama Analysis, peneliti menganalisis kebutuhan dengan konsultasi dengan guru mata pelajaran IPS kelas VII di Mts Salafiyah Kasim yaitu Ludfi Abu Mahmud, S. Mat., tahap kedua design, peneliti mendesain media infografis dengan semenarik mungkin, tahap ketiga pengembangan, peneliti memvalidasi media pembelajaran kepada validator, tahap keempat implementasi, peneliti menguji coba media uji coba skala besar dan skala kecil. Tahap kelima evaluasi, perbandingan uji coba media infografis pada skala besar dan skala kecil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193049 AHMAD AHSAN
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:23
Last Modified: 26 Mar 2024 01:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44532

Actions (login required)

View Item View Item