EFEKTIVITAS BIMBINGAN KARIR UNTUK MENENTUKAN PEMAHAMAN PEMILIHAN SEKOLAH LANJUTAN PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

LELIYENSEN OKTAVIANINGSIH, 126306201028 (2023) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KARIR UNTUK MENENTUKAN PEMAHAMAN PEMILIHAN SEKOLAH LANJUTAN PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “ Efektivitas Bimbingan Karir Untuk Menentukan Pemahaman Pemilihan Sekolah Lanjutan Peserta Didik Kelas IX Di MTsN 2 Tulungagung ” yang ditulis Leliyensen Oktavianingsih, dengan NIM 126306201028. Program studi Bimbingan Konseling Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, dengan Dosen Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman penentuan sekolah lanjutan dan mengetahui efektivitas dari bimbingan karir untuk meningkatkan pamahaman dalam menentukan sekolah lanjutan peserta didik kelas IX B di MTsN 2 Tulungagung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian pre-eksperimen menggunakan desain One Group Pretest Posttest pada populasi sebanyak 15 peserta didik yang memiliki hasil nilai pretest rendah di MTsN 2 Tulungagung, sedangkan untuk pengambilan sampel data menggunakan metode sampel jenuh dengan 15 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis. Dalam pelaksanaan bimbingan karir menunjukkan bahwa pelaksanaannya layanan tersebut mampu membantu peserta didik secara signifikan untuk menentukan sekolah lanjutan. Dengan adanya bimbingan karir dalam kegiatan belajar siswa maka dalam pemilihan sekolah lanjutan bagi peserta didik. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis uji Paired Sample Test didapatkan nilai 0,000 < 0,05 yang dapat dimaknai bahwa HO ditolak dan H1 diterima. Dan juga didapati hasil Thitung sebesar Berdasarkan tabel hasil uji paired test diatas juga diketahui bahwa thitung sebesar 44,642 dan nilai df (derajat kebebasan ) sebesar 14. Nilai df dijadikan acuan untuk menentukan acuan dalam menentukan ttabel dengan signifikansi 0,025. Maka, dengan acuan distribusi nilai ttabel didapatkan hasil 2,145. Dengan hasil demikian maka nilai thitung 44,642 > ttabel 2,145 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan rata- rata antara nilai pre-test dan post-test dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan karir untuk membantu peserta didik menentukan sekolah lanjutan kelas IX Di MTsN 2 Tulunggaung. Berdasarkan dari hasil nilai hitung uji N-Gain Score diatas diketahui bahwa mean N-Gain Score dari kelompokm eksperimen sebesar 57,9537% yang berarti masuk kedalam kategori cukup efektif. Dengan nilai minimal 48,65% dan maksimal 63,64%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang diberikan berdampak atas perubahan nilai dari sebelumnya dalam peningkatan empati siswa. Sehingga, dapat dikatakan bahwa bimbingan karir berpengaruh terhadap penentuan sekolah lanjutan peserta didik kelas IX B MTsN Tunggangri. Kata Kunci : Bimbingan Karir, Sekolah Lanjutan, Peserta Didik

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306201028 LELIYENSEN OKTAVIANINGSIH
Date Deposited: 15 May 2024 08:20
Last Modified: 15 May 2024 08:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44540

Actions (login required)

View Item View Item