KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 3 JOMBANG

ALIIF NUR MUHAMMAD ARIF HIDAYATULLAH, 12207193135 (2024) KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 3 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 3 Jombang” ditulis oleh Aliif Nur Muhammad Arif Hidayatullah, NIM 12207193135, Progam Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiya dan Ilmu Keguruan , Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M. Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan Visioner, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh permintaan masyarakat akan pendidikan putra putrinya yang semakin hari semakin berekspektasi tinggi pada lembaga pendidikan Islam khusus sekolah negeri. Peneliti melihat bahwa di sekolah yang menjadi situs pada penelitian ini memiliki kemajuan yang sangat pesat dari tahun-tahun pada setiap periode kepemimpinan kepala sekolahnya. Fakta dilapangan menunjukkan sekolah ini memiliki seorang pemimpin yang baik dalam kepemimpinannya dan bisa dikatakan visioner. Seorang pemimpin visioner dapat menjawab ekspektasi masyarakat yang tinggi akan suatu lembaga pendidikan, pola pikir dan cara pandang yang jauh kepada masa depan serta memiliki sistem manajerial dan pola strategi yang mengedepankan skala produktifitas dan kebutuhan konsumen. Dan diharapkan berpengaruh dengan mutu pendidikan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kepala sekolah merumuskan visi misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Jombang ?(2) Bagaimana kepala sekolah mengkomunikasikan visi misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Jombang ?(3) Bagaimana kepala sekolah mentransformasikan visi misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Jombang ?(4) Bagaimana kepala sekolah mengimplementasikan visi misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Jombang? Berdasarkan pertanyaan penelitian tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan bagaimana kepala sekolah merumuskan visi misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Jombang (2) Untuk mendiskripsikan bagaiamana kepala sekolah mengkomunikasikan visi misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Jombang (3) Untuk mendiskripsikan bagaimana kepala sekolah mentransformasikan visi misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Jombang (4) Untuk mendeskripsikan bagaimana kepala sekolah mengimplementasikan visi misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 3 Jombang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintas situs menggunakan tiga alur yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pembahasan teman sejawat. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah: (1) Perumusan visi misi seorang visioner selalu mengarah pada cita-cita kedepan lembaga pendidikan dan menjawab tantangan zaman tentang kebutuhan pendidikan di masa akan datang.(2) Komunikasi tentang visi misi bisa dilakukan dengan beberapa warga sekolah (stake holder) guru, siswa, tendik; (3) Transformasi visi misi dilakukan dengan cara pembagian tugas dan tim work oleh kepala sekolah dengan tujuan besar yaitu seluruh elemen warga sekolah bertanggung jawab penuh atas visi misi dan atau cita- cita besar sekolah; (4) Implementasi visi misi diwujudkan dalam bentuk program unggulan sekolah, branding sekolah, menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang mendukung meningkatnya mutu pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193135 ALIIF NUR MUHAMMAD ARIF HIDAYATULLAH
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:07
Last Modified: 27 Mar 2024 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44580

Actions (login required)

View Item View Item