ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN'S ERROR ANALYSIS (NEA) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV MTSN 8 BLITAR

SELVA OKTAVIA SALSABILA, 12204193112 (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN'S ERROR ANALYSIS (NEA) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV MTSN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (598kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (155kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV MTsN 8 Blitar” ini ditulis oleh Selva Oktavia Salsabila, NIM 12204193112, pembimbing Dr. Eni Setyowati, M.M. Kata Kunci : Kesalahan, Soal Cerita, SPLDV, NEA Matematika adalah ilmu yang sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai. Matematika merupakan ilmu yang membantu dalam mencari penyelesaian untuk berbagai masalah kehidupan. Soal cerita matematika menyajikan situasi dunia nyata dalam bentuk teks tanpa memuat notasi matematika. Soal cerita merupakan bentuk tugas matematika yang cenderung sulit diselesaikan. Banyak terdapat kesalahan dalam hal memahami soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa pada kelompok dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan tahapan Newman (2) Untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa pada kelompok dengan kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan tahapan Newman (3) Untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa pada kelompok dengan kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan tahapan Newman. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII-B MTsN 8 Blitar yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Pengumpulan data diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Siswa dengan kemampuan tinggi melakukan kesalahan pada tahap transformasi dan penulisan jawaban akhir (2) Siswa dengan kemampuan sedang melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir (3) Siswa dengan kemampuan rendah melakukan kesalahan pada tahap membaca, memahami masalah, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193112 SELVA OKTAVIA SALSABILA
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:35
Last Modified: 26 Mar 2024 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44583

Actions (login required)

View Item View Item