YANTI PURNAMASARI, 12208193119 (2024) EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI ELEKTRONIK (E-UKBM) SISTEM INDERA BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Efektivitas Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Elektronik (E-UKBM) Sistem Indera Berbasis Flipbook Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI” ini ditulis oleh Yanti Purnamasari, NIM. 12208193119 Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: E-UKBM, Materi Sistem Indera, Flipbook Media pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) masih terbatas dalam bentuk konvensional yakni cetak. UKBM konvensional tidak mampu meningkatkan rasa ketertarikan siswa, hal ini disebabkan karena kurangnya UKBM cetak dalam menyediakan sumber refensi, terbatasnya soal-soal latihan, dan dikarenakan berbentuk konvensioanl atau cetak maka kurang mampu dalam meningkatkan kecakapan siswa menghadapi tuntutan hidup abad 21. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan perkembangan teknologi abad 21 yaitu E-UKBM berbasis flipbook. Metode dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE pada penelitian ini dibagi menjadi 2 tahapan, yaitu tahapan I dan tahapan II. Tahap I terdiri dari tahap Analyse, Design, Development, evaluation. Analisis yang dilakukan berupa analisis kinerja dan kebutuhan. Tahap perencanaan terdiri dari perencanaan instrumen validasi dan efektivitas, serta storyboard. Setelah itu, tahap evaluasi didasarkan pada hasil uji validasi dan kepraktisan produk. Pada tahap II terdiri dari tahap Implementation, dan Evaluation. Populasi yang digunakan dalam tahap implementasi adalah 174 siswa kelas XI MIPA, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 3 sebanyak 32 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebanyak 32 siswa. Tahap evaluasi pada penelitian tahap II menggunakan teknik kuasi eksperimen dengan rancangan uji coba produk menggunakan posttest only. Desain uji coba adalah Static Group Comparison Design. Teknik analisis data berupa uji prasyarat melalui uji normalitas dan homognetas, serta uji hipotesis berupa uji Independent T-Test. Hasil penelitian memperoleh: (1) E-UKBM materi Sistem Indera berbasis flipbook yang dapat diakses dari tautan melalui internet, (2) Hasil validasi dari ahli materi sebesar 95,6% dengan kriteria “sangat valid” dan layak digunakan tanpa revisi. Hasil validasi dari ahli media sebesar 80% dengan kriteria “cukup valid” dan dapat digunakan dengan sedikit revisi, (3) Hasil kepraktisan sebesar 80% dengan kategori “praktis” digunakan sebagai media pembelajaran, (4) Hasil uji coba produk nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 80,63 > 70. Berdasarkan perhitungan SPSS uji Independent T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 yang berarti terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa E-UKBM materi Sistem Indera berbasis flipbook efektif digunakan di kelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193119 YANTI PURNAMASARI |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 02:10 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 02:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44595 |
Actions (login required)
View Item |