AHNAF ASYRAF AL-HASAN, 12204193258 (2024) PENGEMBANGAN DIGITAL BOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MATERI SEGITIGA MTSN 6 BLITAR KELAS VII. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Digital Book Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Segitiga MTSN 6 Blitar Kelas VII” ini ditulis oleh Ahnaf Asyraf Al-Hasan, NIM. 12204193258, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Digital Book, Minat Belajar, Segitiga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya media pembelajaran yang memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran. Selan itu, kurangnya minat belajar siswa yang mengakibatkan siswa menjadi pasif dan mudah bosan. Maka dari itu peneliti berusaha membuat inovasi melalui pengembangan media berbasis digital book matematika dengan konsep yang mudah dan tampilan yang menarik agar membantu siswa dalam proses pembelajaran lebih interaktif. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk mendeskripsikan hasil pengembangan digital book sebagai media untuk pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik materi segitiga MTsN 6 Blitar kelas VII, (2) untuk mengetahui dan menghasilkan digital book yang valid, praktis dan efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik materi segitiga MTsN 6 Blitar kelas VII. Jenis penelitian dan pengembangan ini mengacu pada ADDIE. Proses penelitian ini dilakukan di MTsN 6 Blitar dengan subjek 32 siswa dari kelas VII E dan kelas VII F. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon siswa dan soal posttest. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil dari analisis kevalidan dapat diketahui bahwa hasil validasi ahli materi sebesar 85,68%. Hasil validasi ahli media sebesar 87,17%. Hasil validasi angket respon siswa sebesar 80%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis digital book matematika telah valid sesuai dengan kriteria kevalidan. (2) Hasil dari analisis kepraktisan dapat diketahui bahwa hasil respon siswa diperoleh rata-rata sebesar 82,32%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis digital book matematika telah praktis sesuai dengan kriteria kepraktrisan. (3) Hasil dari analisis keefektifan dapat diketahui berdasarkan hasil dari ketuntasan siswa setelah menggunakan media pembelajaran dan diperoleh sebesar 81,25%. Terdapat taraf signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis Flip PDF Professional terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan taraf signifikan 0,49 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis digital book matematika telah efektif sesuai dengan kriteria keefektifan. (4) Hasil rata-rata peningkatan minat belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran sebesar 3,03%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis digital book matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Buku Matematika Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193258 AHNAF ASYRAF AL-HASAN |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 02:49 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44601 |
Actions (login required)
View Item |