PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK NEGERI 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

YUNI SULISTYANINGSIH, 12201183143 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK NEGERI 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (767kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung” ini di tulis oleh Yuni Sulistyaningsih, NIM 12201183143 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Hasanal Khuluqi, M.Ag Kata Kunci: Peran Guru PAI, Kedisiplinan, Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung dalam melakukan kegiatan formal di sekolah tentu tidak lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib sekolah yang mengatur perilaku semua pihak pada lingkungan sekolah, salah satunya untuk peserta didik. Tata tertib yang berlaku berkaitan erat dengan perilaku disiplin yang masih menjadi permasalahan di sekolah. Tujuan utama tata tertib untuk melatih disiplin dan menanamkan disiplin moral dalam diri individu yang membentuk pola perilaku, sehingga tata tertib menjadi sebuah kontrol perilaku agar sesuai dengan peraturan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas X di SMKN 1 Bandung Tulungagung. (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik Kelas X di SMKN 1 Bandung Tulungagung. (3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik Kelas X di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas X di SMKN 1 Bandung Tulungagung. (2) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas X di SMKN 1 Bandung Tulungagung. (3) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas X di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Lokasi penelitian yang akan dipilih oleh peneliti yaitu SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Teknik Pengumpulan data dengan observasi(Pengamatan),wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasion / penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mengarahkan dan membimbing siswa untuk selalu disiplin baik dalam hal belajar atau dalam hal kedisiplinan lainnya, selalu mengingatkan siswa untuk berlaku disiplin baik ketika didalam kelas maupun ketika di luar kelas, (2) memberikan contoh atau suri tauladan bagi siswa seperti datang tepat waktu, berpakaian rapi, dan selalu bersikap dengan baik, adanya pemberian daftar laporan sholat 5 waktu yang harus diisi oleh peserta didik, dan dengan penyadaran yang dilakukan guru untuk memberikan penjelasan akan pentingnya kedisiplinan dalam menjalankan perintah-perintah yang harus dikerjakan dan larangan-larangan yang harus ditinggalkan sebagai murid yang patuh terhadap tata tertib yang ada di sekolah. (3) memberikan nasehat saat pembelajaran di dalam kelas maupun ketika di luar kelas untuk mentaati aturan sekolah, sholat berjamaah dan kegiatan-kegiatan lainnya, memberikan hukuman atau sanksi seperti membersihkan masjid, menulis surat-surat pendek dan membersihkan kelas, dan dengan adanya kolaborasi antara pihak kesiswaan, kurikulum, pihak wali kelas,dan pihak-pihak terkait dalam upaya selalu mendorong kedisiplinan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183143 YUNI SULISTYANINGSIH
Date Deposited: 29 Mar 2024 05:16
Last Modified: 29 Mar 2024 05:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44634

Actions (login required)

View Item View Item