PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF NU KOTA BLITAR

ALVINA NAILY HUSNA MASLUHA, 12201193265 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Alvina Naily Husna Masluha, NIM. 12201193265, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Yang dibimbing oleh Bapak Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar. Penerapan model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang tidak tepat dapat memicu kurangnya perhatian dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar tidak mencapai ketuntasan yang maksimal. Berbagai macam model pembelajaran yang mampu menunjang peran aktif peserta didik saat ini sudah banyak berkembang, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang mengambil pola cara kerja sebuah gergaji, yaitu peserta didik melakukan suatu kegiatan belajar dengan cara bekerja sama dengan peserta didik lain untuk mencapai tujuan bersama. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran SKI di MTs Ma’arif NU Kota Blitar dalam aspek kognitif, (2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran SKI di MTs Ma’arif NU Kota Blitar dalam aspek psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Ma’arif NU Kota Blitar TA. 2022/2023 yang berjumlah 223 peserta didik, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diketahui bahwa : (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Ma’arif NU Kota Blitar. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung = 3,879 > ttabel = 1,676 dan Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Ma’arif NU Kota Blitar. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung = 2,482 > ttabel = 1,676 dan Sig. (2 tailed) 0,016 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193265 ALVINA NAILY HUSNA MASLUHA
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:58
Last Modified: 25 Apr 2024 04:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44644

Actions (login required)

View Item View Item