PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

TITIN MUSLIMATU AZZAHRA, 12201193039 (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Azzahra, Titin Muslimatu. 2023. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Guru, Prestasi Belajar Seorang guru merupakan komponen utama dalam program pendidikan. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan pendidikan, dalam proses pembelajaran membutuhkan pengembangan sumber daya manusia (pendidik), khususnya pengembangan kompetensi guru, ini merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan, dan keterampilan dalam bidang pendidikan. Kompetensi harus dimiliki oleh setiap guru karena guru tidak hanya menstranfer ilmu namun guru juga harus berperan aktif dalam mendidik dan membina peserta didik. Kompetensi yang dimiliki guru akan sangat mempengaruhi perilaku siswa dalam belajar serta hasil dari proses pembelajaran yang terlaksana. Kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru merupakan kompetensi yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran di kelas, maka guru yang berkompeten akan mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan, lebih mampu mengelola kelas sehingga dengan pengelolaan kelas yang baik oleh guru yang kompeten akan tercapai prestasi belajar peserta didik yang maksimal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah: (1) Apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar akidah akhlak peserta didik MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (2) Apakah ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar akidah akhlak peserta didik MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar akidah akhlak peserta didik MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penellitian korelasi dengan populasi peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yang terdiri dari 324 peserta didik. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dan memperoleh sampel 76 peserta didik dari kelas VII-E 24 peserta didik, VII-H 25 peserta didik, VII-I 27 peserta didik. Penyebaran kuesioner atau angket dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Uji regresi linier berganda dilakukan untuk analisis data dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Yang menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, dengan nilai sig. 0,014 < 0,05. Yang menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Yang menunjukkan bahwa nilai sig. uji simultan (uji F) lebih kecil dari pada probolitas α 5%, menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193039 TITIN MUSLIMATU AZZAHRA
Date Deposited: 29 Mar 2024 05:01
Last Modified: 29 Mar 2024 05:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44646

Actions (login required)

View Item View Item