ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS XI SMAN 1 GONDANG PADA MATERI ASAM BASA DITINJAU DARI TOULMIN'S ARGUMENT PATTERN

ISTI NURURROHMAH, 12212193051 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS XI SMAN 1 GONDANG PADA MATERI ASAM BASA DITINJAU DARI TOULMIN'S ARGUMENT PATTERN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas XI SMAN 1 Gondang pada Materi Asam Basa ditinjau dari Toulmin’s Argument Pattern” ini ditulis oleh Isti Nururrohmah, NIM. 12212193051, pembimbing Ibu Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Argumentasi Ilmiah, Toulmin’s Argument Pattern, Asam Basa Penelitian ini dilatabelakangi oleh pentingnya kemampuan argumentasi ilmiah bagi siswa terutama dalam praktik ilmiah. Dikarenakan dalam praktik ilmiah siswa dituntut untuk mampu berpikir kritis dan berargumentasi.Sehingga kemampuan argumentasi ilmiah menjadi aspek yang perlu diperhatikan sebab dalam pembelajaran kimia menggunakan pendekatan saintifik. Salah satu mata pelajaran yang menonjolkan praktik ilmiah di SMA adalah kimia. Dalam kimia tersebut, salah satu materi yang penting untuk dipelajari adalah asam basa. Berdasarkan beberapa hal tersebut perlu dilakukan analisis untuk mengukur tingkat kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Salah satu metode yang biasa digunakan adalah Toulmin’s Argument Pattern. Dengan rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas XI SMAN 1 Gondang pada materi Asam Basa ditinjau dari Toulmin’s Argument Pattern (TAP). Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas XI SMAN 1 Gondang pada materi Asam Basa ditinjau dari Toulmin’s Argument Pattern (TAP). Deskripsi kemampuan argumentasi ilmiah digolongkan menjadi dua yaitu berdasarkan tingkat dan indikatornya berdasarkan komponen argumentasi ilmiah Toulmin’s Argument Pattern (TAP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan argumentasi ilmiah berupa esai berjumlah 10 butir. Tes tulis digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas XI SMAN 1 Gondang yang digunakan sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah berbasis TAP. Berdasarkan analisis TAP tersebut, untuk mengukur tingkat kemampuan argumentasi ilmiah siswa digunakan 4 tingkatan yaitu sangat baik, baik, cukup, dan kurang baik. Selain itu, hasil penelitian yang didapat juga akan dianalisis berdasarkan indikator kemampuan argumentasi ilmiah yang terdiri dari Claim, Ground, Warrant, dan Backing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Hidrolisis
Kimia
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193051 ISTI NURURROHMAH
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:34
Last Modified: 02 Apr 2024 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44675

Actions (login required)

View Item View Item