PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI SISWA YANG KURANG PERHATIAN ORANG TUA DI MTs NEGERI 5 TRENGGALEK

ERNI AGUSTIN SULISTYANA, 12306193043 (2024) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI SISWA YANG KURANG PERHATIAN ORANG TUA DI MTs NEGERI 5 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)

Abstract

Erni Agustin Sulistyana NIM 12306193043. 2023 “Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengatasi Siswa Yang Kurang Perhatian Orang Tua Di MTs Negeri 5 Trenggalek” Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Bapak Ahmad Fauzan, SS., M.Pd.I Kata Kunci : Konseling Kelompok, Perhatian Orang Tua, Siswa Penelitian ini diajukan berdasarkan fenomena anak yang tidak mendapat haknya yakni perhatian orang tua, khususnya pada siswa MTs Negeri 5 Trenggalek. Banyak permasalahan yang dialami siswa akibat kurangnya perhatian orang tua dari siswa-siswi di MTs Negeri 5 Trenggalek. Fenomena ini didasari oleh kesibukan orang tua siswa yang bekerja sehingga kurang memiliki waktu bersama anak. Kurangnya perhatian orang tua berdampak buruk pada kepribadian siswa seperti sering melanggar peraturan sekolah, membolos, datang terlambat, prestasi belajar menurun, dan perilaku buruk lainnya. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan layanan konseling kelompok untuk mengatasi siswa yang kurang perhatian orang tua di MTs Negeri 5 Trenggalek. Dalam merespons masalah tersebut, guru BK di MTs Negeri 5 Trenggalek menjalankan layanan konseling kelompok, di mana para siswa diberikan kesempatan untuk dapat mengungkapkan permasalahan yang mereka alami. Layanan konseling kelompok ditujukan agar siswa dapat mencari sebab-sebab masalah, dan melakukan evaluasi diri agar lebih baik lagi ke depannya. Kegiatan layanan konseling kelompok oleh guru BK inilah yang menjadi fokus penelitian dalam artikel ini. Peneliti berupaya mendeskripsikan pelaksanaan layanan konseling kelompok terhadap problem siswa yang kurang mendapat perhatian orang tua di MTs Negeri 5 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan, mereduksi, menyajikan, dan melakukan penarikan kesimpulan. Peneliti mewawancarai 2 guru BK dan 6 Siswa kelas IX. Pengujian keabsahan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok di MTs Negeri 5 Trenggalek telah dilaksanakan sebagaimana mestinya sesuai dengan teori, yakni dengan memberikan konseling kepada anggota kelompok konseling dengan baik. Ditemukan juga dinamika antar anggota kelompok selama pelaksanaan layanan konseling.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193043 ERNI AGUSTIN SULISTYANA
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:14
Last Modified: 02 Apr 2024 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44689

Actions (login required)

View Item View Item