IWANA ZULFATUN NI'MAH, 12201193220 (2024) PERANAN PEMBELAJARAN KITAB MABADI FIQH DALAM PENGAMALAN IBADAH SALAT DI MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH NURUL HIDAYAH SAMBIROBYONG SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (796kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Iwana Zulfatun Ni’mah. NIM: 1221193220. Jurusan: Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Skripsi. Peranan Pembelajaran Kitab Mabadi Fiqh dalam Pengamalan Ibadah Salat di Madrasah Diniyah Salafiyah Nurul Hidayah Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Luluk Indarti, S.Ag. M.Pd.I. Kata kunci: Pembelajaran Kitab Mabadi Fiqh, Pengamalan Ibadah Salat. Mabadi Fiqh merupakan sebuah mata pelajaran untuk siswa tingkat dasar yang memuat syariat Islam serta materinya aplikatif oleh karena itu sangat penting untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari misalnya tentang ibadah salat. Fokus Penelitian: 1). Peranan aspek pengetahuan kitab pada pembelajaran Mabadi Fiqh dalam pengamalan ibadah salat siswa Madrasah Diniyah Salafiyah Nurul Hidayah Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung. 2). Peranan aspek materi gerakan salat pada pembelajaran kitab Mabadi Fiqh dalam pengamalan ibadah salat siswa di Madrasah Diniyah Salafiyah Nurul Hidayah Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung. 3).Hambatan pembelajaran kitab Mabadi Fiqh dalam pengamalan ibadah salat siswa di Madrasah Diniyah Salafiyah Nurul Hidayah Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung. Tujuan Penelituan: 1). Untuk mendeskripsikan peranan aspek pengetahuan kitab Mabadi Fiqh dalam pengamalan ibadah salat siswa Madrasah Diniyah Salafiyah Nurul Hidayah Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung. 2). Untuk mengetahui peranan aspek materi gerakan salat pada kitab Mabadi Fiqh dalam pengamalan ibadah salat siswa di Madrasah Diniyah Salafiyah Nurul Hidayah Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung. 3). Untuk mengidentifikasi hambatan pembelajaran kitab Mabadi Fiqh dalam pengamalan ibadah salat siswa di Madrasah Diniyah Salafiyah Nurul Hidayah Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung. Metode Penelitian: 1. Pendekatan Penelitian: Kualitatif. Jenis Peneklitian: Studi Kasus. 2. Lokasi: Madrasah Diniyah Salafiyah Nurul Hidayah Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung. 3. Data dan Sumber Data: Data Primer: Guru dan Siswa, Data Sekunder: Dokumentasi. 4. Pengumpulan Data: Observasi Partisipan, Wawancara Mendalam, dan Dokumentasi. 5. Pengecekan Keabsahan: Perpanjangan kehadiran, trianggulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil Penelitian: 1. Peranan aspek pengetahuan kitab Mabadi Fiqh dalam pengamalan ibadah salat siswa mendukung bagi tegaknya pengamalan ibadah salat, membangun kesadaran untuk menjalankan ibadah salat karena didukung oleh dalil-dalil yang jelas dan mencukupi. 2. Peranan aspek materi gerakan salat pada kitab Mabadi Fiqh dalam pengamalan ibadah salat siswa mendukung bagi upaya pengamalan ibadah salat dengan tertib, mendukung bagi kedisiplinan pelaksanaan ibadah dan sekaligus juga mengajarkan tatacara beribadah salat sesuai dengan aturan. 3. Hambatan pembelajaran kitab Mabadi Fiqh dalam pengamalan ibadah salat siswa terdapat pada komitmen guru yang kurang, waktu yang kurang mencukupi dan adanya peraga kurang minim.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193220 IWANA ZULFATUN NI'MAH |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 06:39 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 06:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44733 |
Actions (login required)
View Item |