SHYNTHYA RATU SHYMA, 12208193126 (2024) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA MAGANG TADRIS BIOLOGI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI KELAS XI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Magang Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Materi Sistem Gerak Manusia di Kelas XI MAN 3 Tulungagung". Skripsi ini ditulis oleh Shynthya Ratu Shyma NIM. 12208193126, Prodi Tadris Biologi UIN SATU Tulungagung, Pembimbing Nanang Purwanto M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Magang, Materi Sistem Gerak Manusia Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh guru, termasuk mahasiswa magang sebagai calon guru. MAN 3 Tulungagung merupakan Madrasah Aliyah Negeri yang berada di kabupaten Tulungagung dan termasuk salah satu Lembaga mitra yang ditunjuk oleh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sebagai tempat magang mahasiswa dan termasuk madrasah berprestasi dan bisa dijadikan teladan karena siswanya banyak yang berprestasi dibidang akademik. Hal tersebut terbukti dari siswa yang juara dalam lomba olimpiade juara 1 nya dari siswa MAN 3 Tulungagung. Prestasi yang baik tersebut diperoleh dari proses pembelajaran di MAN 3 Tulungagung yang tergolong baik sehingga siswanya dapat memperoleh prestasi yang gemilang. Karena guru berperan penting dalam proses pembelajaran, oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan atau tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa magang di MAN 3 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan perencanaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa magang tadris biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah materi sistem gerak manusia di kelas XI MAN 3 Tulungagung, (2) mendeskripsikan pelaksanaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa magang tadris biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah materi sistem gerak manusia di kelas XI MAN 3 Tulungagung, (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa magang tadris biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah materi sistem gerak manusia di kelas XI MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian yaitu 2 mahasiswa magang biologi di kelas XI IPA-3 MAN 3 Tulungagung. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi pada penelitian ini menggunakan lembar instrumen keterampilan dasar mengajar. Kegiatan observasi digunakan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran berupa RPP, melihat keterampilan dasar mengajar mahasiswa magang saat mengajar di dalam kelas, dan evaluasi pembelajaran oleh mahasiswa magang di kelas XI IPA-3 MAN 3 Tulungagung. Wawancara digunakan untuk memperdalam lagi data keterampilan dasar mengajar mahasiswa magang, sedangkan dokumentasi digunakan untuk membuktikan dan mengabadikan proses penelitian selama berlangsung. Wawancara pada penelitian ini dilakukan kepada guru pamong dan mahasiswa magang untuk memperoleh data yang belum ada ketika observasi berlangsung.Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran yang digunakan mahasiswa magang di kelas kelas XI IPA-3 MAN 3 Tulungagung dalam bentuk RPP sudah memuat semua komponen RPP dengan lengkap, secara isi RPP yang dibuat oleh mahasiswa magang ini lebih ringkas menyesuaikan contoh yang diberikan oleh guru pamong biologi meliputi: identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajara, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. (2) Mahasiswa magang di kelas XI IPA-3 MAN 3 Tulungagung telah menerapkan sebagian besar keterampilan dasar mengajar. Kemampuan mahasiswa magang dalam melaksanakan delapan keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran biologi di kelas XI IPA-3 MAN 3 Tulungagung termasuk dalam kategori cukup baik, secara keseluruhan guru magang biologi di kelas XI IPA-3 MAN 3 Tulungagung, mahasiswa magang ke-1 (M-1) telah menerapkan komponen keterampilan penguatan 75% sedangkan mahasiswa magang ke-2 (M-2) 62,5%. Pada komponen keterampilan bertanya dasar M-1 telah melaksanakan 50% sedangkan M-2 0%, hal tersebut dikarenakan pada saat M-2 mengajar tidak memberikan pertanyaan sama sekali kepada siswa. Komponen keterampilan mengadakan variasi M-1 50% dan M-2 75%. Komponen keterampilan menjelaskan M-1 54% dan M-2 81%. Komponen keterampilan membuka dan menutup pelajaran, M-1 50% dan M-2 40%. Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, M-1 15% dan M-2 62%. Komponen keterampilan mengelola kelas, M-1 28% dan M-2 55%. Sedangkan pada komponen keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, M- 1 menerapkan sebesar 0% dan M-2 75%. Dalam hal ini mahasiswa magang dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, kondusif, dan menyenangkan dikategorikan cukup mampu. (3) penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa magang di kelas XI IPA-3 MAN 3 Tulungagung meliputi penilaian sikap yang diperoleh dari lembar pengamatan siswa di dalam kelas, penilaian pengetahuan diperoleh dari hasil mengerjakan soal dari UKBM maupun lembar kerja peserta didik yang lainnya, dan penilaian keterampilan diperoleh dari hasil kinerja dan observasi diskusi. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa magang sudah disesuaikan dengan kurikulum dari MAN 3 Tulungagung, yaitu kurikulum 2013 yang sebelumnya sudah diteliti terlebih dahulu oleh guru pamong.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193126 SHYNTHYA RATU SHYMA |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 07:20 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 07:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44743 |
Actions (login required)
View Item |