MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBINA PERILAKU KONFORMITAS SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MTS IMAM AL GHOZALI PANJEREJO TULUNGAGUNG

NURSHILA AMIN ALBARAZHI, 12207183120 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBINA PERILAKU KONFORMITAS SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MTS IMAM AL GHOZALI PANJEREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (185kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Membina Perilaku Konformitas Siswa Melalui Layanan Bimbingan Konseling di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung” ini ditulis oleh Nurshila Amin Albarazhi, NIM. 12207183120. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Perilaku Konformitas Siswa, Layanan Bimbingan Konseling. Fenomena pengaruh sosial yang terjadi di lembaga pendidikan, menyebabkan seseorang berperilaku dengan mengikuti standar orang lain atau disebut juga konformitas. Peneliti berfokus kepada fenomena pengaruh sosial yang terjadi pada siswa di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung. Keadaan diri yang masih labil dikarenakan faktor usia remaja, membuat siswa seringkali mudah terpengaruh oleh lingkungan sosialnya. Namun dengan adanya kerja sama yang baik antara wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dengan guru bimbingan konseling serta didukung oleh tenaga pendidik yang lain, tentu kegiatan pembinaan perilaku konformitas pada siswa akan dapat lebih optimal dan sistematis. Fakta unik yang peneliti temukan di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung, bahwa siswa telah menganggap guru bimbingan konseling sebagai sahabat mereka. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam membina perilaku konformitas siswa melalui layanan bimbingan konseling di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung?, 2) Bagaimana implementasi kegiatan kesiswaan dalam membina perilaku konformitas siswa melalui layanan bimbingan konseling di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan dalam membina perilaku konformitas siswa melalui layanan bimbingan konseling di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah fenomenologi naturistik (mengamati peristiwa atau fenomena di lapangan). Metode pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data yaitu wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru bimbingan konseling, pembina OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah), dan beberapa siswa. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan kegiatan kesiswaan dalam membina perilaku konformitas siswa melalui layanan bimbingan konseling di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung dilaksanakan secara sistematis meliputi mengadakan rapat koordinasi pada setiap tahun, pembentukan struktur organisasi beserta job deskripsinya, menyusun program kerja kesiswaan, menyusun RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) dan rancangan sarana prasarana oleh guru bimbingan konseling, 2) Implementasi kegiatan kesiswaan dalam membina perilaku konformitas siswa melalui layanan bimbingan konseling di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung dilaksanakan secara dinamis, artinya tidak selalu terikat pada waktu yang telah ditentukan. Melaksanakan program kerja bimbingan konseling (bimbingan klasikal, konseling individu, konseling kelompok, konsultasi, dan home visit), melaksanakan program kerja kesiswaan (ekstrakurikuler pramuka, paskibraka, kegiatan bakti sosial, bagi takjil pada Bulan Ramadhan, sedekah untuk orang yang membutuhkan, dan kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa). 3) Evaluasi kegiatan kesiswaan dalam membina perilaku konformitas siswa melalui layanan bimbingan konseling di MTs. Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung dilaksanakan dengan menganalisa apapun yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kegiatan serta kemudian menggunakan hasil evaluasi sebagai bahan perencanaan untuk kegiatan selanjutnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183120 NURSHILA AMIN ALBARAZHI
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:28
Last Modified: 30 Apr 2024 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44746

Actions (login required)

View Item View Item