PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

LIA ARISTANTI, 2814123105 (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL DEPAN ALHAMDULILAH.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ALHAMDULILAH.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ALHAMDULILAH.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ALHAMDULILAH.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ALHAMDULILAH.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
BAB V ALHAMDULILAH.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI ALHAMDULILAH.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN ALHAMDULILAH.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Garis Singgung Lingkaran pada Siswa Kelas VIII MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Lia Aristanti, 2814123105, pembimbing Dr. Dewi Asmarani. M, Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Mind Mapping, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mata pelajaran matematika yang dianggap siswa sebagai mata pelajaran yang membosankan. Anggapan tersebut tidak boleh dibiarkan, seorang guru berharap siswanya menjadi lebih baik, kreatif dan kompetensi siswanya semakin berkembang. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat menyajikan pembelajaran yang efektif dan efesien. Metode mind mapping diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar serta meningkatkan hasil belajarnya. Manfaat metode mind mapping diantaranya dapat melihat gambaran secara menyeluruh dengan jelas, saling berhubungan satu sama lain sehingga semakin banyak ide dan informasi yang dapat disajikan, menarik perhatian mata, tidak membosankan dan memudahkan berkonsentrasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Assafi’iyah Gondang tahun ajaran 2015/2016?. (2) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Assafi’iyah Gondang tahun ajaran 2015/2016?. (3) Berapa besar pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Assafi’iyah Gondang tahun ajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode mind mapping sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 56 siswa. Instrumen penilaian menggunakan lembar dokumentasi dan lembar tes. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode dokumentasi dan metode tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) metode mind mapping mempengaruhi hasil belajar dengan memadukan kata kunci dengan gambar sebagai penunjang kata kunci, mind mapping secara mental seperti menggambar sesuatu yang telah dibayangkan, ketika gambar yang dibayangkan muncul maka semua penjelasan yang ada didalam fikiran dapat dijelaskan. Nilai yaitu 3,267 > 1,706 sehingga menolak H0 dan menerima H1 yang berarti: (2) ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung. (3) Besarnya pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa adalah 7,2 % yang termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123105 LIA ARISTANTI
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:43
Last Modified: 04 Jan 2017 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4476

Actions (login required)

View Item View Item