PENGAWASAN PENGELOLAAN ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus NU Care LazisNU Tulungagung)

DONI KURNIAWAN, 12404193067 (2024) PENGAWASAN PENGELOLAAN ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus NU Care LazisNU Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengawasan Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sedekah Untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat (Studi Kasus Nu- Care LAZISNU Tulungagung)” ini di tulis oleh Doni Kurniawan, NIM. 12404193067, Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Penelitian ini di latar belakangi oleh setiap pengelola zakat yang dipilih telah melalui seleksi dan memenuhi kriteria diantaranya amanah, professional, serta transparan, sehingga dalam pengelolaan manajemen zakat sudah baik. Namun dalam pelaksanaannya ada saja sebagian oknum Lembaga Pengelola Zakat (LPZ) yang melanggarnya sehingga perlu dilakukan pengawasan untuk mengukur keberhasilan pengelolaan zakat. Pengawasan juga berguna untuk pengendalian hubungan kerja yang bersifat koordinatif, konsulatif, dan informatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis pengawasan pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah yang dilakukan oleh lembaga amil zakat LAZISNU Tulungagung. 2) Untuk menganalisis dampak pengawasan pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah yang dilakukan lembaga amil zakat LAZISNU Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu lebih mengambil bentuk kata-kata atau gambar daripada angka. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Field Research atau penelitian lapangan. Sumber data menggunkan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan temuan menggunakan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Pengawasan pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah yang dilakukan oleh lembaga amil zakat LAZISNU Tulungagung ialah dengan pengawasan internal dan eksternal oleh pengusahaan yang faham dan memiliki kewenangan untuk mengawasi serta melakukan pendampingan terhadap lembaga amil zakat dalam bentuk pengawasan langsung dan tidak langsung serta pengawasan aktif dan pasif. 2) Dampak pengawasan pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah yang sudah dilakukan oleh lembaga amil zakat LAZISNU Tulungagung dapat dilihat dari tertib dan tertatanya administrasi yang ada, meningkatnya kinerja dan kedisiplinan pengurus serta meningkatnya kualitas laporan kinerja dan keuangan yang dikeluarkan. Adanya pengawasan yang dilakukan juga dapat meningkatkan transparansi penghimpunan dana kepada masyarakat serta lebih selektif lagi pada saat melakukan pendataan penerima bantuan yang akan diberikan dimana bantuan harus tepat sasaran sehingga dapat meminimalisir resiko kehilangan muzzaki yang ada. Kata Kunci: Pengawasan, Pengelolaan ZIS, Kepercayaan Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Infaq
Agama > Shodaqoh
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404193067 DONI KURNIAWAN
Date Deposited: 18 Apr 2024 06:57
Last Modified: 18 Apr 2024 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44774

Actions (login required)

View Item View Item