ANALISIS TIPE BERFIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR TIPE HOTS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS 8 SMP N 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

RIDHO MUSTAQIM, 12204193110 (2024) ANALISIS TIPE BERFIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR TIPE HOTS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS 8 SMP N 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB l.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ridho Mustaqim, 12204193110, “Analisis Tipe Berpikir Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Aljabar Tipe HOTS Ditinjau dari Tipe Kepribadian siswa SMPN 2 Kalidawir”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Tipe Berfikir, Soal Aljabar Tipe HOTS, Tipe Kepribadian Upaya peningkatan hasil pembelajaran dan kemampuan berpikir siswa sejalan dengan tujuan Kemendikbud dalam merubahan sistem pembelajaran tertuang dengan munculnya kurikulum 2013. Pada pelaksanaanya mengharuskan pendidik untuk mengetahui sejauh mana hasil pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Penilaian keberhasilan pembelajaran tersebut dapat dilihat dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa. Metode pembelajaran dan tipe keribadian siswa yang beragam, juga harus dilakukan evaluasi guna mengetahui pencapaian kemampuan berpikir tingkat tingginya, yakni dengan melihat tipe berpikir siswa tersebut dalam menyelesaiakan soal HOTS dalam pembelajaran yang telah dilakukan. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan: 1). Tipe berpikir siswa dengan kepribadian sensing dalam menyelesaikan soal aljabar tipe HOTS. 2). Tipe berpikir siswa dengan kepribadian intuition dalam menyelesaikan soal aljabar tipe HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII-A SMPN 2 Kalidawir yang terdiri dari 2 siswa dengantipe kepribadian sensing, dan 2 siswa dengan tipe keribadian intuition. Teknik pengumpulan datan Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi teknik, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Tipe berpikir siswa dengan tipe kepribadian Sensing memiliki kecenderungan pada indikator tipe berpikir konseptual, yakni keduanya (a) mampu mengungkapkan apa yang diketahui dalam soal dengan kalimatnya sendiri (b) mampu mengungkapkan apa yang ditanya dalam soal dengan kalimatnya sendiri (c) mampu menentukan konsep penyelesaian soal dan (d) mampu dalam menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tipe berpikir siswa dengan tipe kepribadian Sensing adalah konseptual. 2). Tipe berpikir siswa dengan tipe kepribadian Intuition memiliki kecenderungan pada indikator tipe berpikir semi konseptual, yakni keduanya (a) mampu mengungkapkan apa yang diketahui dalam soal dengan kalimatnya sendiri (b) kurang mampu mengungkapkan apa yang ditanya dalam soal dengan kalimatnya sendiri (c) kurang mampu menentukan konsep penyelesaian soal dan (d) kurang mampu dalam menjelaskan langkahlangkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tipe berpikir siswa dengan tipe kepribadian Intuition adalah semi konseptual

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193110 RIDHO MUSTAQIM
Date Deposited: 05 Apr 2024 08:18
Last Modified: 05 Apr 2024 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44781

Actions (login required)

View Item View Item