NURUL AINI FARILLAH, 12205193110 (2024) PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDIT DAARUSSALAM KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (923kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (429kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur'an di SDIT Daarussalam Kampungdalem Tulungagung” ini ditulis oleh Nurul Aini Farillah, NIM 12205193110, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Penerapan, Metode Ummi, dan Pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya metode yang dikembangkan dalam pembelajaran Al-Qur'an. Salah satu metode yang digunakan adalah Metode Ummi. Metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah memperkenalkan cara baca Al-Qur’an dengan tartil. Tujuan utama dari penggunaan metode ini adalah supaya memudahkan peserta didik dalam menguasai tahsin dan hafalan Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur'an bidang tajwid di SDIT Daarussalam Kampungdalem Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur'an bidang ghorib di SDIT Daarussalam Kampungdalem Tulungagung? (3) Bagaimana penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur'an bidang tahfidz di SDIT Daarussalam Kampungdalem Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SDIT Daarussalam Kampungdalem Tulungagung dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles and Huberman dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut: (1) Dalam penguasaan tajwid, kualitas membaca sesuai dengan target yang dituju. Penerapan tajwid pada jilid masih dalam bentuk teori, dan untuk pemahaman konsep tajwid ketika memasuki jenjang Al-Qur'an. (2) Pemahaman konsep ghorib diterapkan saat memasuki jenjang Al-Qur'an. Selain di hafal, peserta didik harus menyebutkan contoh dari bacaan ghorib. (3) Penerapan bidang tahfidz dalam metode Ummi dengan cara murojaah. Selain hafalan, peserta didik diminta untuk setoran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193110 NURUL AINI FARILLAH |
Date Deposited: | 03 Apr 2024 03:47 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 03:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44783 |
Actions (login required)
View Item |