PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GARIS DAN SUDUT PADA SISWA KELAS VII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

MERITA WULAN SARI, 12204173071 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GARIS DAN SUDUT PADA SISWA KELAS VII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (461kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Matemat ika Menggunakan Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Garis Dan Sudut Pada Siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung”. Ditulis oleh Merita Wulan Sari, NIM. 12204173071, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 2022. Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si.. Kata Kunci: Bahan Ajar, flipbook, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika di sekolah perlu disajikan dengan cara inovatif agar dapat mengurangi kesan sulit dan menakutkan seperti yang telah melekat pada pembelajaran matematika selama ini. Kurangnya inovasi bahan ajar yang digunakan guru pada saat proses pembelajaran matematika di kelas menyebabkan siswa tidak anstusias dalam belajar. Oleh karenanya, diperlukan bahan ajar yang menarik dan memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran, khusunya pada materi Garis dan Sudut. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar berbantu flipbook yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa materi garis dan sudut kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data dengan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil validitas bahan ajar berbantu flipbook dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru: 2) Hasil kepraktisan bahan ajar berbantuan flipbook dinyatakan memenuhi kepraktisan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa materi garis dan sudut Kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung. 3) Bahan ajar berbantuan flipbook untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa materi garis dan sudut Kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung efektif. Terbukti ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berbantu flipbook.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173071 MERITA WULAN SARI
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:19
Last Modified: 04 Apr 2024 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44802

Actions (login required)

View Item View Item