STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTs PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG

FARIDATUS SALMA, 12201173147 (2024) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTs PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi Guru, Membina Akhlakul Karimah Siswa Pendidikan memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi mendatang. Hal itu sungguh penting dilakukan karena mengingat banyaknya kemerosotan moral yang melanda akibat pengaruh negatif dari era globalisasi serta kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Peran pendidikan di sekolah menjadi kuci kedua dalam pendidikan. Sehingga adanya tuntutan pembinaan akhlak siswa agar mereka tidak terpengaruh kedalam hal negatif. Oleh karena itu diperlukannya strategi Guru dalam Membina Akhlakul Karimah siswa di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Strategi Guru dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung? (2) Apa hambatan Strategi Guru dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung? (3) Bagaimana dampak Strategi Guru dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, verifikasi (menarik kesimpulan). Untuk mengecek keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik, dan auditing data. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Strategi Guru dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa adalah dengan menggunakan strategi pembiasan melalui: bersalaman dengan Bapak/Ibu guru setiap pagi, membaca Al-Qur’an, sholat dhuha berjamaah, membaca yasin dan tahlil setelah sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, bertingkah dan berkata sopan. b) teladan melalui: berpakaian yang rapi, disiplin, santun, c) anjuran/nasehat melalui: proses pembelajaran di kelas, nasehat langsung ketika melakukan kesalahan, d) latihan melalui: tahfidz Qur’an, e) kompetisi melalui: perlombaan-perlombaan seperti hadrah dan MTQ, f) larangan melalui tata tertib sekolah, g) koreksi/pengawasan melalui: kerjasama dengan wali murid dalam hal pengawasan, h) hukuman melalui: hukuman yang mendidik seperti berkata kotor di suruh baca Astagfirullah dan lain sebagainya dan bekerjasama langsung dengan Kepala Sekolah. (2) Hambatan Guru dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa antara lain: Kurangnya kesadaran siswa, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. (3) Dampak dari strategi Guru dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa adalah menjadikan pribadi lebih baik, dan terbiasa kedalam hal-hal positif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173147 FARIDATUS SALMA
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:33
Last Modified: 23 Apr 2024 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44831

Actions (login required)

View Item View Item