SISTEM PELAPORAN DANA ZAKAT INFAQ DAN SEDEKAH (ZIS) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI (Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Blitar)

MEI AZIZATUR ROHMAH, 12404193021 (2024) SISTEM PELAPORAN DANA ZAKAT INFAQ DAN SEDEKAH (ZIS) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZAKKI (Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (918kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Sistem Pelaporan Dana Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) Dalam Meningkatkan kepercayaan Muzakki (Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Blitar)” yang ditulis oleh Mei Azizatur Rohmah NIM 12404193021 Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Ahmad Supriyadi, M. Pd.I. Penelitian ini membahas tentang sistem pelaporan dana terhadap zakat infaq dan sedekah dalam lingkup masyarakat muslim, di era saat ini kepercayaan terhadap lembaga penyaluran jasa menjadi perhatian khusus seperti pada lembaga Badan Amil zakat membutuhkan kepercayaan yang ekstra dari Muzakki. Maka penelitian ini mengkaji tentang bagaimana sistem pelaporan dana zakat, infaq dan sedekah dan apa saja dampak dari sistem pelaporan tersebut yang dapat meningkatkan kepercayaan muzakki pada Badan Amil zakat Nasional Kota Blitar. Penelitian ini memiliki tujuan: 1). Untuk menganalisis bagaimana bentuk sistem pelaporan dana zakat, infaq dan sedekah pada Badan Amil zakat Nasional Kota Blitar. 2). Untuk menganalisis bagaimana dampak dari sistem pelaporan dana zakat, infaq, dan sedekah dalam meningkatkan kepercayaan muzakki pada Badan Amil zakat Nasional Kota Blitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan kajian pustaka dari jurnal, buku, dokumen atau sumber arsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Badan Amil zakat Nasional Kota Blitar telah berhasil menulis laporan pengelolaan dana ZIS lembaga menggunakan metode laporan manual dan pelaporan menggunakan aplikasi SIMBA dan juga memberikan update informasi terkait pelaporan dana ZIS di web resmi lembaga dan juga melalui platform sosial media. 2). Dari keberhasilan pelaporan ZIS tersebut para Muzakki memiliki frekuensi kepercayaan lebih tinggi karena melihat informasi yang telah dipaparkan melalui media. Dari hasil penelitian tersebut terdapat bahwa sistem pelaporan yang digunakan oleh Badan Amil zakat Nasional Kota Blitar menggunakan aplikasi SIMBA dan melakukan percetakan buku laporan dana ZIS. Dari transparansi yang dilakukan lembaga tersebut akan memiliki grit yang tinggi sehingga para muzakki memiliki pertimbangan besar dalam menggunakan pelayanan Badan Amil zakat Nasional Kota Blitar karena dianggap lembaga publik yang amanah. Hal tersebut menunjukkan bahwa saat ini pelayanan jasa BAZNAS akan mudah dipercayai oleh kaum Muzakki jika terdapat transparansi data pengelolaan dana ZIS. Kata Kunci: Pelaporan dana, Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS), Peningkatan Kepercayaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fiqih > Infaq
Fiqih > Shodaqoh
Fiqih > Zakat
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404193021 MEI AZIZATUR ROHMAH
Date Deposited: 05 Apr 2024 07:40
Last Modified: 05 Apr 2024 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44837

Actions (login required)

View Item View Item