STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PROGRAM KEAGAMAAN DI MAN 2 TULUNGAGUNG

MIFTAKHURROHMAN, 12201193281 (2024) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PROGRAM KEAGAMAAN DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Program Keagamaan Di MAN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Miftakhurrohman, NIM 12201193281, Pembimbing Ibu Dr. Hj. Chusnul Chotimah M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Meningkatkan Minat Belajar Siswa penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perilaku – perilaku yang menyimpang pada kalangan siswa, rendahnya pengetahuan dan pengalaman siswa dalam bidang keagamaan serta cara pandang masyarakat yang mulai mengerti akan pentingnya pengetahuan serta pengalaman dalam bidang keagamaan yang dimana nantinya menjadi bekal anak – anak mereka dikemudian hari. Hal tersebut merupakan tujuan dari adanya strategi pembiasaan yang memang diterapkan guna mendapatkan hasil yang lebih baik, selain itu juga dipengaruhi akan banyaknya lembaga- lembaga pendidikan sehingga hal ini juga bertujuan menarik simpati dari masyarakat agar bisa mendapatkan siswa sesuai dengan apa yang diinginkan sehingga dengan hal ini sistem pendidikan akan tetap berjalan dengan lancar. Hal ini juga diterapkanya strategi kedisiplinan yang dimana bertujuan agar dapat merubah kebiasaan kebiasaan lama atau sifat yang masih kekanak-kanakan dikarenakan juga masih adanya anak yang bandel tidak ikut melaksanakan sholat sehingga harus ada yang bertugas untuk mendisiplinkan bahkan sampai diperiksa apa betul memang sedang berhalangan apa tidak bagi perempuan yang sedang berhalangan. Selain itu sekolah ini memang merupakan sekolah yang bisa dikatakan faforit dan memiliki program keagamaan yang cukup banyak dan menarik sehingga dalam hal ini peneliti tertarik untuk mengetahui tentang bagaimana Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Program Keagamaan Di MAN 2 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaiman Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Program Keagamaan DI Man 2 Tulungagung? (2) Bagaimana Dampak Dengan Adanya Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Program Keagamaan Di MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana Hambatan Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Program Keagamaan di MAN 2 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumberdata penelitian ini yaitu data primer dan sekunder yang meliputi, 1) Person (orang) yaitu, Guru Agama dan kepala sekolah 2) Paper (Kertas/Dokumentasi) yaitu berupa dokumentasi foto-foto kegiatan Program Keagamaan dan dokumentasi pendukung lainya. 3) Place (Tempat)Yaitu diMAN 2 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.analisis data menggunakan interaktif dimulai dari reduksi data, analisis/model data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan formulasi pengecekan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan (credibility), Keteralihan (trasferbility), kebergantungan (depedability), dan kepastian (confimability). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Program Keagamaan:pertama, membiasakan membaca Al Qur’an pada saat pagi hari. Kedua, mebaca Asmaul Husna. Ketiga, menghafal Al Qur’an Per Ayat dan surat. Ke empat, sholat Duha dan Dzuhur,kelima kultum. 2) Bagaimana Dampak Dengan Adanya Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Program Keagamaan Di MAN 2 Tulungagung yakni pertama, tingkat kenakalan siswa berkurang. kedua, perilaku siswa lebih agamis dan santun. Ketiga, pengetahuan dan nilai siswa dalam bidang keagamaan menjadi meningkat dan mental dan kecerdasan emosional juga meningkat. 3) Bagaimana Hambatan Guru PAI Dalam meningkatkan minat belajar siswa, pertama, masih banyak didapati siswa yang tidak ada pada saat kegiatan program keagamaan, kedua masih banyak sifat dan perilaku bawaan dari rumah dan sekolah lama yang ada pada siswa. Ketiga, jam pelajaran yang sangat padat sehingga sulit untuk menambah dan menerapkan program keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193281 MIFTAKHURROHMAN
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:29
Last Modified: 23 Apr 2024 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44853

Actions (login required)

View Item View Item