LIMATUS SANAYA, 12205183268 (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN IPA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) PODOREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (56kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid 19 di MI Podorejo Tulungagung” ini ditulis oleh Limatus Sanaya, NIM. 12205183268. Pembimbing Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Efektifitas Pembelajaran, IPA Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami perubahan semenjak adanya Covid 19. Penyebaran pandemi Covid 19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kreativitas guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran IPA di masa pandemi covid 19. Pada saat pendemi pembelajaran dialihkan menjadi pembelajaran yang semi daring atau pembelajaran tatap muka dan jarak jauh. Dengan adanya pandemi covid 19 guru dituntut untuk memiliki kreativitas dalam melaksanakan pembelajaran agar dapat mencapai efektifitas pembelajaran. Kunci dari efektivitas dari sistem pembelajaran daring adalah peran guru harus kreatif untuk menyajikan pembelajaran daring yang menyenangkan, mudah dimengerti, dan bermakna sehingga siswa tetap aktif maupun produktif di rumah. Dalam penelitian ini yang menjadii fokus pembahasan adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran IPA di MI Podorejo pada masa pandemi covid 19 ? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran IPA di MI Podorejo pada masa pandemi covid 19 ? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran IPA di MI Podorejo pada masa pandemi covid 19 ?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan pengumpulan data secara deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan subjek penelitiannya adalah kepala madrasah MI Podorejo, guru mata pelajaran IPA MI Podorejo, dan beberapa siswa MI Podorejo. Berdasarkan hasil penelitian didimpulkan bahwa (1) Kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran IPA di MI Podorejo pada masa pandemi covid 19 yaitu dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA guru tidak hanya menggunakan satu strategi pembelajaran. Guru selalu memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari sehingga siswa bisa menerima materi dengan mudah dipahami dan siswa tidak bosan. (2) Kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran IPA di MI Podorejo pada masa pandemi covid 19 yaitu dengan mengembangkan metode yang sesuai dengan materi yang akan akan dipelajari. (3) Kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran IPA di MI Podorejo pada masa pandemi covid 19 yaitu dalam mengembangkan media pembelajaran ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan media pembelajaran yaitu ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah, memperhatikan kebutuhan dan kondisi siswa, media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan disampaikan, serta menyesuaikan dana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183268 LIMATUS SANAYA |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 04:25 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 04:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44872 |
Actions (login required)
View Item |