PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NIZA LUTFIANA DEWI, 12201193221 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Niza Lutfiana Dewi (12201193221) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keaktifan, Hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) dibandingkan dengan menggunakan variasi model pembelajaran yang lebih efektif lainnya. Sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) dibandingkan dengan aktifitas peserta didik. Sehingga peserta didik masih cenderung diam dan pasif dalam proses pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang efektif untuk mendorong siswa aktif dalam pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah. Dalam model pembelajaran berbasis masalah ini, peserta didik diberikan permasalahan terkait materi yang dipelajari yang berkaitan dengan kehidupan nyata peserta didik untuk dicari penyelesaiannya, sehingga akan meningkatkan motivasi, minat dan keaktifan dan melatih kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Melalui model pembelajaran ini diharapkan hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik dan siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelakaran problem based learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?. 2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?. 3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?. Pendekatan penelitian yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen (Quasi Experiment Design). Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Problem Based Learning dan variabel terikatnya adalah keaktifan (

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193221 NIZA LUTFIANA DEWI
Date Deposited: 17 Apr 2024 09:11
Last Modified: 17 Apr 2024 09:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44893

Actions (login required)

View Item View Item