EMA EMILLIA NUR, 17209163005 (2024) DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP PEMBELAJARAN IPS BAGI GURU MTS DI MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Pembelajaran IPS Bagi Guru MTs di Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulunggagung” ini ditulis oleh Ema Emillia Nur, NIM 17209163005, Pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, S.S.M.Pd. Kata Kunci: Dampak, Pandemi Covid 19, Pembelajaran IPS. Dampak Covid-19 terhadap dunia pendidikan sangat besar dan dirasakan oleh berbagai pihak terutama sekolah, peserta didik dan orang tua. Kebijakan pemerintah mengharuskan pembelajaran tetap berlangsung meskipun melalui jaringan atau jarak jauh. Tentunya hal ini berdampak pada pembelajaran IPS bagi siswa di MTs. Dengan demikian perlunya upaya guru sebagai pendidik untuk tetap melaksanakan Pembelajaran IPS di tengah pandemi Covid-19. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana dampak yang dirasakan dengan adanya pandemi Covid-19 pada Pembelajaran IPS bagi guru di MTs Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk tetap melaksanakan Pembelajaran IPS secara efektif di tengah pandemi Covid-19 di MTs Miftahul Huda Karangsono?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikandampak yang dirasakan dengan adanya pandemi Covid-19 pada Pembelajaran IPS bagi guru di MTs Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung dan upaya yang dilakukan untuk tetap melaksanakan Pembelajaran IPS secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenalogi. Teknik Pengumpulan Data berupa teknik wawancara mendalam, teknik observasi partisipan, teknik dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan Reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dampak yang dirasakan dengan adanya pandemi Covid-19 pada Pembelajaran IPS adalah a) pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing siswa sehingga guru melakukan penyampaian materi melalui online, b) Berdasarkan penyebaran angket, pilihan pernyataan terbanyak adalah pandemi mengurangi minat dan motivasi pada pembelajaran IPS, c) Dampak positif akibat wabah covid 19 yang semulanya guru-guru tidak bisa mengoprasikan smartphone, dengan adanya pembelajaran daring guru-guru menjadi lancar menjalankan aplikasi pembelajaran online. (2) Upaya yang dilakukan untuk tetap melaksanakan Pembelajaran IPS di tengah pandemi Covid19 adalah a) guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS jarak jauh di MTs Miftahul Huda Karangsono dilakukan dengan berbagai media online, b) upaya yang dilakukan siswa selain tetap mengikuti pembelajaran secara daring adalah belajar dengan teman-teman untuk menambah pemahaman pembelajaran IPS.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209163005 EMA EMILLIA NUR |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 06:09 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 06:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44894 |
Actions (login required)
View Item |