FAISHOL AZIZ, 2817123060 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBRE HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III MI DARUSSALAM PIKATAN II WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (304kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Faishol Aziz, NIM: 2817123060, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungahgung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci: Number Head Together, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab ini adalah kurang aktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru adalah metode kovensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga hasil belajar belajar peserta didik relatif rendah. Menyikapi permasalahan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang tepat dan efektif yaitu model pembelajaran kooperatif diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) ) Bagaimana peningkatan kemampuan kerjasama pada mata pelajaran Bahasa Arab pada materi Peralatan sekolah melalui penerapan model pembelajaran Number Head Together peserta didik kelas III di MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Bahasa Arab pada materi Peralatan sekolah melalui penerapan model pembelajaran Number Head Together peserta didik kelas III di Mi Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama pada mata pelajaran Bahasa Arab pada materi Peralatan sekolah melalui penerapan model Number Head Together peserta didik kelas III MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar.2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Arab pada materi Peralatan sekolah melalui penerapan model Number Head Together pada peserta didik kelas III MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. Adapun pola penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi: (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), (3) Refleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III pada materi gerak benda. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Peralatan sekolah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata peserta didik dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu yang semula 15% (pre test), meningkat menjadi 23% (post test siklus I) dan meningkat lagi menjadi 84,6% (post test siklus II). Selain itu peningkatan hasil belajar peserta didik juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas III MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123060 FAISHOL AZIZ |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 04:35 |
Last Modified: | 04 Jan 2017 04:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4490 |
Actions (login required)
View Item |