NIA ARUN ANGGRAINI, 12208183036 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA KELAS VIII DI MTsN 14 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas VIII di MTsN 14 Jombang” ini ditulis oleh Nia Arun Anggraini, NIM. 12208183036, pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajran, Gallery walk, Minat, dan Hasil Belajar, Sistem Gerak Manusia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kurang adanya minat siswa terhadap suatu materi pembelajaran akan menyebabkan kesulitan siswa untuk belajar. Kesulitan belajar ada pada materi Sistem Gerak Manusia, salah satunya karena karakteristik materi yang ada pada pelajaran tersebut yaitu konsep fisiologis yang abstrak dan membutuhkan banyak hafalan. Kesulitan tersebut dapat diatasi dengan penggunaan metode pembelajaran yang menampilkan gambar literatur beserta keterangan. Salah satu metodenya yaitu dengan model pembelajaran Gallery walk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran gallery walk terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTsN 14 Jombang, menganalisis pengaruh model pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 14 Jombang, menganalisis pengaruh model pembelajaran gallery walk terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 14 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data dengan metode survei dan metode tes. Populasi yang digunakan adalah dua kelas VIII di MTsN 14 Jombang. Dengan menggunakan teknik sampling purposive, dari dua kelas tersebut dijadikan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas VIII A dan VIII B dengan jumlah siswa sebanyak 64 orang. Teknik analisis data menggunakan uji-T dan Multivariate Analysis of Variance (Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran gallery walk terhadap minat belajar siswa, hasil hitung nilai thitung 3,003 > ttabel 1,997, dan nilai signifikansi 0,000<0,05 berarti Ha diterima dan H0 ditolak (2) berdasarkan skor rata-rata hasil belajar siswa bahwa untuk skor kelas eksperimen 64,85 dan kelas kontrol sebesar 41,25 membuktikan bahwa model pembelajaran gallery walk berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa, berdasarkan uji manova yaitu nilai Fhitung sebesar 26,578 > 3,99 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, Ha diterima dan H0 ditolak membuktikan bahwa model pembelajaran gallery walk berpengaruh secara signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pengaruh model pembelajaran gallery walk terhadap minat belajar siswa pada materi Sistem Gerak Manusia dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 14 Jombang termasuk dalam kategori tinggi/kuat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183036 NIA ARUN ANGGRAINI |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 06:44 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 06:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44914 |
Actions (login required)
View Item |