THE EFFECT OF PODCAST ON STUDENTS’ SCORE IN LISTENING COMPREHENSION

WARDAH ARUM ANANDARI, 12203183236 (2024) THE EFFECT OF PODCAST ON STUDENTS’ SCORE IN LISTENING COMPREHENSION. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Wardah Arum Anandari (12203183236) “THE EFFECT OF PODCAST ON STUDENTS’ SCORE IN LISTENING COMPREHENSION”. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Ida Isnawati, M.Pd Kata Kunci: Podcast, Menyimak komprehensif Proses pembelajaran menyimak komprehensif yang kurang inovatif dapat membuat siswa bosan dalam proses pembelajaran. Hal ini akan mempengaruhi hasil belajar menyimak pemahaman yang kurang optimal. Peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran dapat membantu keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Seorang guru harus berkompeten dalam memilih media yang dianggap sesuai dengan perkembangan teknologi dan zaman. Dalam penelitian ini, peneliti membahas tentang efektivitas penggunaan podcast sebagai media untuk mengajar menyimak komprehensif. Podcast merupakan salah satu bentuk inovasi media pembelajaran yang praktis dan mudah didapatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan podcast sebagai media pembelajaran listening comprehension pada siswa kelas VIII MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Bentuk quasi-experimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent posttest-only control group design. Rumusan masalah penelitian dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan yang signifikan antara skor menyimak komprehensif siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran podcast dan siswa yang diajar tanpa menggunakan media podcast”. Sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan membandingkan nilai post test kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan lebih dari satu kelompok yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak diberikan perlakuan dengan media podcast. Sedangkan kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberikan perlakuan menggunakan media podcast. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dengan data berupa skor post-test menyimak komprehensif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,003 < 0,05. Artinya nilai 0,003 lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penggunaan media podcast efektif untuk pembelajaran menyimak komprehensif siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 12203183236 WARDAH ARUM ANANDARI
Date Deposited: 18 Apr 2024 06:46
Last Modified: 18 Apr 2024 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44917

Actions (login required)

View Item View Item