IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di SD Islam Al Badar dan MI Ulul Albab Tulungagung)

WILUJENG HANDAYANI PRAYITNO, 12850521030 (2024) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di SD Islam Al Badar dan MI Ulul Albab Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik (Studi Multi Situs SD Islam Al Badar dan MI Ulul Albab Tulungagung)” ini ditulis oleh Wilujeng Handayani Prayitno dibimbing oleh Dr. Zaini Fasya, S.Ag., M.Pd.I. dan Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci:Implementasi,Metode Tilawati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Metode Tilawati merupakan suatu metode dalam pembelajaran Al-Qur’an yang menggabungkan pendekatan klasikal dan pendekatan induvidual dengan teknik baca simak yang menggunakan lagu rost serta menggunakan buku dan alat peraga sebagai media dan sarana belajar. Metode tilawati merupakan metode yang bagus di terapkan dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an dan terbilang metode yang variatif karena menggabungkan pendekatan klasikal dan pendekatan individual dengan teknik baca simak yang menggunakan lagu. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) langkah-langkah implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SD Islam Al Badar dan MI Ulul Albab Tulungagung. 2) hambatan dalam implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SD Islam Al Badar dan MI Ulul Albab Tulungagung. 3) solusi mengatasi hambatan implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SD Islam Al Badar dan MI Ulul Albab Tulungagung. 4) evaluasi atau hasil implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SD Islam Al Badar dan MI Ulul Albab Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan jenis penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui analisis data situs tunggal (reduksi data, penyajian data, verifikasi/ penarikan kesimpulan) dan analisis data lintas situs. Evaluasi atau hasil penelitian ini adalah 1) Langkah-langkah metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Hambatan dalam implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SD Islam Al Badar dan MI Ulul Albab Tulungagung adalah kurangnya guru khusus dalam bidang metode tilawati dan minat peserta didik yang menurun. 3) Solusi mengatasi hambatan implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SD Islam Al Badar dan MI Ulul Albab Tulungagung adalah guru melakukan pendekatan dengan orang tua dan mengadakan pelatihan guru. 4) Evaluasi atau hasil implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SD Islam Al Badar dan MI Ulul Albab Tulungagung adalah peningkatan kelancaran membaca, peserta didik mampu menguasi bacaan sesuai dengan tajwid dan makharijul huruf.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521030 WILUJENG HANDAYANI PRAYITNO
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:22
Last Modified: 24 Apr 2024 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44981

Actions (login required)

View Item View Item