KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT DI KELAS VII SMPN 3 BANDUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

ELSYA FAHMI, 17204163045 (2024) KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT DI KELAS VII SMPN 3 BANDUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (858kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Deduktif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert Introvert Di Kelas VII SMPN 3 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023” ini ditulis oleh Elsya Fahmi, NIM. 17204163045, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Deduktif, Extrovert, Introvert, Himpunan, Tipe Kepribadian Dunia pendidikan pada dasarnya sebagai fungsi dalam upaya memberikan pengetahuan, wawasan, keterampilan, serta keahlian tertentu pada manusia. Pendidikan dalam ilmu pengetahuan matematika tentunya akan lebih menekankan pada aktivitas dalam dunia penalaran. Kemampuan penalaran pada siswa dalam bidang pendidikan sendiri memiliki tingkat yang berbeda. Perbedaan dalam penalaran tersebut berpengaruh terhadap proses berfikir pada siswa. Dan proses berfikir pada tiap siswa dalam menyelesaikan masalah tentunya berbeda. Perbedaan dalam proses berfikir tersebut akan melatarbelakangi pada perbedaan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa yang memiliki kepribadian extrovert, (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa yang memiliki kepribadian introvert. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini ada 4 siswa dengan tipe kepribadian yang berbeda dari 27 siswa kelas di VII-A, yang terdiri dari 2 siswa kepribadian extrovert dan 2 siswa kepribadian introvert. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, hasil tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model dari Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini, menunjukkan: (1) penalaran deduktif matematis siswa dengan tipe kepribadian extrovert hanya mampu memenuhi indikator melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu dan memperkirakan jawaban atau proses solusi. (2) penalan deduktif matematis siswa dengan tipe kepribadian introvert mampu memenuhi indikator dalam melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu, memperkirakan jawaban atau proses solusi, serta mampu dalam penarikan kesimpulan yang logis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Himpunan
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S. Pd. 17204163045 Elsya Fahmi
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:53
Last Modified: 22 Apr 2024 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44999

Actions (login required)

View Item View Item