PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PLASTISIN SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI MOLYMOD MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

AINI LAILATUL MAHFUDOH, 12212193047 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PLASTISIN SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI MOLYMOD MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (857kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Minat belajar menjadi aspek penting dalam proses belajar mengajar. Minat belajar dapat berpengaruh pada aspek-aspek lainnya seperti motivasi, prestasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di MA Plus Ketrampilan Nurul Islam Mojorejo sebagian besar siswa memiliki mindset bahwa mata pelajaran kimia terutama materi hidrokarbon sulit dipahami. Metode pembelajaran yang digunakan yakni konvensional sehingga penyerapan materi tidak mudah diterima oleh siswa karena tanpa adanya penjelasan yang disertai gambaran konsep. Beberapa faktor tersebut menyebabkan kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran kimia. Pemanfaatan media pembelajaran pada hakikatnya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Namun kenyataannya, pemanfaatan media pembelajaran masih sangat jarang digunakan guru. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui pengaruh media pembelajaran plastisin sebagai alternatif pengganti molymod melalui model discovery learning terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi hidrokarbon Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design, desain penelitiannya adalah Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling yakni pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun pertimbangannya karena memiliki kemampuan yang setara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA MA Plus Ketrampilan Nurul Islam Mojorejo, dengan sampel kelas XI MIPA 1sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas ekspeimen, dengan jumlah siswa sebanyak kelas XI MIPA 1 32 siswa dan kelas XI MIPA 2 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner, lembar observasi respon, dan dokumentasi. Menganalisis data dengan menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran plastisin melalui model discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti sig (2-tailed) < 0,05, H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran plastisin melalui model discovery learning terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti sig (2-tailed) < 0,05, H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193047 AINI LAILATUL MAHFUDOH
Date Deposited: 26 Apr 2024 04:35
Last Modified: 26 Apr 2024 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45013

Actions (login required)

View Item View Item