ARIFATUL ULUMIYAH, 12205193214 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (879kB) |
|
Text
ABSTRAC.pdf Download (190kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (157kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Media Audio Visual Pada Pembelajaran Tematik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung”ini ditulis oleh Arifatul Ulumiyah, NIM 12205193214 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibidaiyah, Fakultas Tarbiya dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru, Keaktifan Siswa, Media Audio Visual Guru memiliki peran yang penting dan utama dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Tugas guru adalah menyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya. Kebanyakan pada setiap sekolah memiliki permasalahan yang sama yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), sehingga pembelajaran masih dominan mendengarkan penjelasan guru dikelas, mencatat, merangkum, dan media yang digunakan kurang bervariasi. Hal tersebut menyebabkan siswa bosan dan kurang memperhatikan penjelasan guru dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menarik yang menjadikan siswa pasif dalam pemahaman materi pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana guru sebagai educator dalam meningkatkan keaktifan siswa melalui media audio visual pada pembelajaran Tematik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan keaktifan siswa melalui media audio visual pada pembelajaran Tematik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan keaktifan siswa melalui media audio visual pada pembelajaran Tematik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data dengan metode-metode deskriptif kualitatif. Analisis data peneliti dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketentuan penguan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan keaktifan siswa melalui media audio visual dengan memberikan fasilitas yang nyaman bagi siswa serta media audio visual yang menarik minat siswa. 2) Guru sebagai pendidik dalam meningkatkan keaktifan siswa melalui media audio visual adalah dengan memberikan tayangan yang sesuai dengan materi, guru memberikan reward serta motivasi kepada siswa, dan meberikan tugas sesuai dengan materi. (3) Guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan keaktifan siswa melaui media audio visual adalah dengan memberikan arahan serta bimbingan kepada siswa agar terfokus pada materi yang ada pada media audio visual dan guru membimbing siswa dalam memecahkan masalah yang ada pada tayangan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193214 ARIFATUL ULUMIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 07:26 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 07:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45063 |
Actions (login required)
View Item |