IMPLEMENTASI PRAKTIKUM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ)DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN MAHASISWA JURUSAN TADRIS MATEMATIKA (TMT) FTIK IAIN TULUNGAGUNG TAHUN 2015

VIVIN ANDRIA SUVIANA, 2811123227 (2017) IMPLEMENTASI PRAKTIKUM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ)DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN MAHASISWA JURUSAN TADRIS MATEMATIKA (TMT) FTIK IAIN TULUNGAGUNG TAHUN 2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Praktikum Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam Mengembangkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika (TMT) FTIK IAIN Tulungagung Tahun 2015” ini ditulis oleh Vivin Andria Suviana dibimbing oleh Drs.Nurul Hidayat, M.Ag Kata Kunci : Praktikum BTQ, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya program baru pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung yaitu Program mentoring BTQ. Program ini diadakan karena masih minimnya kemampuan menghafal Al-Qur’an dalam surat-surat pendek juz 30 di kalangan mahasiswa khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Sebagian dari mereka sekedar mampu menghafal tanpa memperhatikan kaidah bacaan yang benar. Hal tersebut akhirnya berpengaruh pada kualitas output yang diharapkan. Sebagai calon pendidik lulusan dari lembaga berbasis islam IAIN Tulungagung mahasiswa harus memiliki kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dengan benar. Kemampuan ini diharapkan mahasiswa dikemudian hari mampu menjadi imam dalam ibadah shalat berjamaah mengingat latar belakang mahasiswa yang bermacam-macam. Sehingga implementasi dari praktikum BTQ ini diharapkan dapat memecahkan masalah tersebut dan memberikan kontribusi yang baik bagi IAIN Tulungagung. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan praktikum BTQ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an mahasiswa FTIK Jurusan TMT IAIN Tulungagung Tahun 2015? 2) Bagaimana hasil praktikum BTQ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an mahasiswa FTIK Jurusan TMT IAIN Tulungagung Tahun 2015? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah berdasarkan fokus penelitian, maka tujuan penelitian yang dimaksudkan adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan praktikum BTQ dalam meingkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an Mahasiswa FTIK Jurusan TMT IAIN Tulungagung Tahun 2015. 2) Untuk mengetahui hasil praktikum BTQ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an mahasiswa FTIK Jurusan TMT IAIN Tulungagung Tahun 2015 Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deksriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan praktikum BTQ yang dilakukan oleh mentor terhadap mahasiswa yang sedang mengikuti praktikum BTQ. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data mengenai hasil pelaksanaan praktikum ini berdasarkan kartu kendali BTQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum BTQ dilakukan secara kondisional sesuai dengan kesepakatan dari masing-masing mentor dengan mahasiswa praktikan. Begitu pula dengan tempat pelaksanaan BTQ. Sebagian besar mahasiswa menggunakan ruang kelas sebagai alternatif utama. Namun tidak jarang juga mereka memanfaatkan fasilitas yang lain seperti masjid, lapangan basket, gazebo, ma’had dan lainnya jika tidak mendapat lokal kosong. Pelaksanaan mentor menggunakan beberapa metode diantaranya setoran secara langsung, simak menyimak kepada teman sejawat dengan sistem halaqah dan juga estafet ayat. Adapun kendala yang di biasa di alami oleh Mentor ialah terkait waktu dan tempat pelaksanaan yang tidak terjadwal sehingga pelaksanaanya pun menjadi kurang kondusif. Selain itu, minat mahasiswa yang kurang bersemangat mengikuti BTQ menjadikan mentor lebih ekstra lagi dalam membimbing. Salah satu upayanya ialah dengan melibatkan teman sejawat mereka untuk membantu menyimak hafalan. Sehingga mahasiswa yang awalnya hanya menghafal surat-surat tertentu saja akan tetapi setelah adanya BTQ mereka dapat menambah hafalan surat-surat pendek. Terbukti telah terpenuhinya hafalan surat-surat pendek mulai dari surat An-Nass hingga Asy-Syams, 3 ayat terakhir surat Al-Baqoroh dan juga Yaasin yang terdapat dalam kartu kendali BTQ

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123227 VIVIN ANDRIA SUVIANA
Date Deposited: 05 Jan 2017 03:44
Last Modified: 05 Jan 2017 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4508

Actions (login required)

View Item View Item