STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIK DALAM KEGIATAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPA TANWIRUL ULUM TIRON BANYAKAN KEDIRI TAHUN 2022

MOCHAMMAD ABDUL KARIM, 12201183466 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIK DALAM KEGIATAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPA TANWIRUL ULUM TIRON BANYAKAN KEDIRI TAHUN 2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (639kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi pembelajaran pendidik dalam kegiatan belajar membaca Al-Qur’an Santri di TPA Tanwirul Ulum Tiron Banyakan Kediri tahun 2022” ini ditulis oleh Mochammad Abdul Karim, NIM. 12201183466, Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nur Cholis SPd.I.,M.Pd. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Pendidik, Belajar Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang semakin maju dimana banyak anak-anak mulai tidak tertarik untuk belajar membaca Al-Qur’an, sehingga perlunya strategi Pendidik untuk menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur’an kepada peserta didik/ santri. Dimana dalam membuat rencana proses kegiatan pembelajaran, seorang Pendidik diharapkan menentukan pendekatan sistem pengajaran yang benar-benar sejalan dengan pokok pembahasan, kemampuan para peserta didik, dan tujuan yang hendak dicapai. Seorang pendidik juga harus mampu menciptakan suasana pembelajaran dan strategi yang baik serta menarik, agar anak menjadi aktif dan memperhatikan materi yang diajarkan didalam proses pembelajaran dan outputnya bisa lebih mencintai dan mendalami Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidik dalam kegiatan belajar membaca Al-Qur’an santri di TPA Tanwirul Ulum tahun 2022? (2) Bagaimana pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan belajar membaca Al-Qur’an santri di TPA Tanwirul Ulum Tahun 2022 ? (3) Bagaimana pendidik dalam mengevaluasi pembelajaran pada kegiatan belajar membaca Al-Qur’an santri Di TPA Tanwirul Ulum Tahun 2022 ? Tujuan penelitian yaitu 1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Pendidik dalam kegiatan belajar membaca Al-Qur’an santri di TPA Tanwirul Ulum Tiron Banyakan Kediri Tahun 2022 2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidik dalam kegiatan belajar membaca Al-Qur’an santri di TPA Tanwirul Ulum Tiron Banyakan Kediri Tahun 2022 3) untuk mengetahui pendidik dalam mengevaluasi pembelajaran dalam kegiatan belajar membaca Al-Qur’an santri di TPA Tanwirul Ulum Tiron Banyakan Kediri Tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif studi kasus dilaksanakan di TPA Tanwirul Ulum Tiron Banyakan Kedii pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data digunakan teknik kredibilitas triangulasi sumber, memperpanjang pengamatan, pemeriksaan teman sejawat, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini : 1) Strategi perencanaan yang digunakan pendidik dalam kegiatan belajar membaca Al-Qur’an santri dengan cara penyusunan program pembelajaran yang akan dilaksanakan selama satu semester kedepannya dengan menggunakan metode pembelajaran An-Nahdliyah, serta mengkelompokan santri sesuai dengan tingkat kemampuannya 2) strategi pelaksanaan yang dilakukan pendidik dalam kegiatan belajar membaca Al-Qur’an santri yaitu dengan cara Dilakukan dengan cara menggunakan sistem klasikal, yang dilakukan dalam setiap satu minggu sekali serta adilakukan dengan cara sorogan dan privat. yang terakhir yaitu pemberian materi tambahan yang mencakup pemberian materi fiqih, tajwid, praktek sholat, menghafalkan do’a-do’a dan surat pendek yang telah ditentukan. 3) Strategi pendidik dalam mengevaluasi kegiatan belajar mebaca Al-Qur’an santri yaitu dengan cara di adakannya evaluasi harian,evalasi bulanan, evaluasi semester, serta munaqoshah untuk santri pada tingkat akhir untuk menyelesaikan jenjang pendidikan yang menjadi syarat kelulusan bagi santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Masyarakat Islam
Muamalat
Nahdlatul Ulama
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183466 MOCHAMMAD ABDUL KARIM
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:01
Last Modified: 25 Apr 2024 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45085

Actions (login required)

View Item View Item