PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS. ASSYAFI’IYAH GONDANG

RISTA DEWI IKRIMA, 2814123134 (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS. ASSYAFI’IYAH GONDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (251kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Assyafi’iyah Gondang” ini ditulis oleh Rista Dewi Ikrima, NIM. 2814123134, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, pembimbing Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar, Matematika Realistik, Pembelajaran Berbasis Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga peserta didik cenderung pasif. Peserta didik kurang dilibatkan dalam pemecahan masalah matematika, mereka merasa kesulitan dalam merumuskan kembali permasalahan yang ada. Hal ini menjadikan peserta didik kesulitan dalam memahami maksud dari permasalahan tersebut. Sehingga hasil belajar matematika peserta didik menjadi menurun dan tidak bisa mencapai tujuan pembelajaran. Maka diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih variatif. Salah satu alternatif yang dapat digunakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih aktif adalah dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dan pembelajaran berbasis masalah. Kedua model pembelajaran ini sama-sama berkenaan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara penerapan pembelajaran dengan pendekatan Matematika Realistik dan dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada peserta didik kelas VII MTs Assyafiiyah Gondang. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar matematika dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik pada peserta didik kelas VII Mts. Assyafi’iyah Gondang? 2) Bagaimana hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah pada peserta didik kelas VII Mts. Assyafi’iyah Gondang? 3) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dengan Pembelajaran Berbasis Masalah pada peserta didik kelas VII Mts. Assyafi’iyah Gondang? Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dengan sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengamati aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran. Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya kedua model pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar peserta didik meningkat setelah diterapkannya Pendekatan Matematika Realistik, nilai rata-rata hasil post test sebesar 82,27. 2) Hasil belajar peserta didik meningkat setelah diterapkannya model Pembelajaran Berbasis Masalah, nilai rata-rata hasil post test sebesar 77,79. 3) Tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dengan Pembelajaran Berbasis Masalah pada peserta didik kelas VII Mts. Assyafi’iyah Gondang. Hasil hitung pada taraf signifikasi 5% ternyata nilai t hitung lebih kecil dari pada nilai t tabel yakni sebesar t hitung = 1,243 < t tabel = 2,000. Kelompok kelas Pendekatan Matematika Realistik memperoleh nilai post test lebih baik dibandingkan kelas Pembelajaran Berbasis Masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123134 RISTA DEWI IKRIMA
Date Deposited: 05 Jan 2017 06:32
Last Modified: 05 Jan 2017 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4511

Actions (login required)

View Item View Item