PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU SISWA AKIBAT PEMAKAIAN GADGET DI LUAR PENGAWASAN ORANG TUA PADA SISWA DI MIN 14 BLITAR

UMI SOLICHAH OKTAVIANASARI, 12205193203 (2024) PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU SISWA AKIBAT PEMAKAIAN GADGET DI LUAR PENGAWASAN ORANG TUA PADA SISWA DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (600kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Siswa Akibat Pemakaian Gadget Di Luar Pengawasan Orang Tua Pada Siswa Di MIN 14 Blitar” ini ditulis oleh Umi Solichah Oktavianasari NIM 12205193203, Pembimbing Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO Kata kunci: Peran Guru, Pemakaian Gadget, Perilaku Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kecanduan bermain hp terutama bermain sosial media atau game online dan Untuk mengetahui upaya guru kelas dalam menanggulangi rendahnya moral siswa akibat dampak dari bermain hp yang tidak sesuai kebutuhan kelas VI di MIN 14 Blitar. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kecanduan bermain hp entah itu untuk bermain game atau bersosial media? (2) Bagaimana peran guru kelas dalam menanggulangi rendahnya moral siswa dari dampak gadget di MIN 14 Blitar? (3) Bagaimana solusi dalam menghadapi dampak dari penggunaan gadget terhadap perilaku siswa di MIN 14 Blitar? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, peyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan, kebergatungan, kepastian dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Faktor- faktor yang menyebabkan siswa kecanduan bermain gadget yaitu kejenuhan dalam belajar, kurang bisa mengontrol waktu, kontrol untuk diri sendiri rendah dan kecanduan mendapat skor yang tinggi. Kecanduan gadget merupakan penyebab utama dari permasalahan yang berkaitan dengan gadget. Hal ini dapat menjerumus keberbagai faktor-faktor diatas. Siswa yang mengalami kontrol waktu yang kurang, pasti akan mengalami kontrol diri yang rendah. Sehingga jika sudah mengalami kontrol diri rendah, secara tidak langsung mereka tidak ada motivasi semangat dalam belajar. (2) Peran guru sangat penting dalam berhasilnya pembelajaran di kelas. Sebagai pengajar, guru memiliki tanggung jawab dalam menyampaikan ilmu pengetahuan. Sebagai pembimbing, guru harus bisa membimbing siswanya agar memiliki akhlak yang terpuji, sopan santun, dan bertanggung jawab. Sebagai teman, guru harus dapat menjadi pribadi yang dekat dengan siswanya. Semakin guru memiliki kedektana, semakin siswanya akan terbuka dalam hal apapun. (3) Mengatasi dampak dari penggunaan gadget berlebih terhadap perilaku siswa ada berbagai tindakan yang dapat dilakukan yaitu, selalu membatasi dan mengawasi anak dalam penggunaan gadget. Hal ini dapat orang tua lakukan apabila terjadi salah satu dari dampak – dampak penggunaan gadget berlebih. Membatasi bukan berarti melarang, hanya saja kita harus memberikan kebijakan kepada anak tentang apa yang boleh dimainkan ataupun yang tidak boleh. Selain itu hapus aplikasi yang menjadi penyebab anak menjadi kecanduan. Dengan begitu anak tidak akan bisa memainkan aplikasi tersebut. Perbanyak bersosialisasi dengan sekitar juga salah satu solusi menjauhkan anak dari gadgetnya. Yang terakhir yaitu memonitoring gadget, hal ini wajib guru dan orang tua terapkan. Agar anak paham mengenai kebijakan terkait gadget yang dimainkannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193203 UMI SOLICHAH OKTAVIANASARI
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:21
Last Modified: 23 Apr 2024 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45158

Actions (login required)

View Item View Item