PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2022/2023

WIWIK HANIFATUS SHOLIKHAH, 12204193027 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (732kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2022/2023” ditulis oleh Wiwik Hanifatus Sholikhah, NIM.12204193027, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Guided Discovey Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada kemampuan pemahaman konsep matematis hal ini disebabkan guru yang hanya menerapkan metode pembelajaran konvensional, yang manahanya berpusat pada guru. Guru seharusnya mampu memilih model pembelajaran yang efektif dan melibatkan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satunya menggunakan model pembelajaran discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023. 2) Mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023, 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023, dan 4) Mengetahui seberapa besar pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yang berjumlah 315 siswa, sampel yang digunakan yaitu kelas VIII F sebagi kelas Eksperimen dengan jumlah 35 siswa. Kelas VIII G sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi angket, tes, dan dokumentasi.data penelitian ini diambil dari nilai posttest dan angket motivasi belajaryang kemudian dianalisis menggunakan uji t dan uji effect size Cohen’s d. Hasil penelitian ini yitu: 1) Ada pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar belajar pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023, 2) Ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023,3) Besar pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023 adalah 0,1115 yang berarti pengaruh kecil, dan 4) Besar pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis belajar pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023 adalah 1,2078 yang berarti pengaruh sangat besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193027 WIWIK HANIFATUS SHOLIKHAH
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:35
Last Modified: 23 Apr 2024 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45167

Actions (login required)

View Item View Item