KHALIMATUS SAKDIYAH, 12204193017 (2023) PENGARUH MODEL CYCLE LEARNING 5E TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII MTS. MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Cycle Learning 5E terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2022/2023” ini ditulis oleh Khalimatus Sakdiyah, NIM. 12204193017, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. NIP. 198103302005011007. Kata Kunci: Model Learning Cycle 5E, Penguasaan Konsep, Operasi Aljabar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi operasi aljabar. Salah satu penyebabnya adalah kegiatan pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan menjadikan siswa sebagai objek belajar. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan mendorong aktivitas yang membangun ide-ide, pengalaman-pengalaman, dan kecakapan secara mandiri. Dengan menggunakan model cycle learning 5E siswa dibimbing untuk berusaha membangun pengetahuan mereka melalui keterlibatan langsung dalam kegiatan pembelajaran, sehingga diharapkan penguasaan konsep siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model cycle learning 5E terhadap penguasaan konsep siswa pada materi operasi aljabar kelas VIII MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023, (2) untuk mengetahui besar pengaruh model cycle learning 5E terhadap penguasaan konsep siswa pada materi operasi aljabar kelas VIII MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) melalui posttest-only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau teknik pertimbangan, dikarenkan pengambilan teknik ini ialah teknik yang pengambilan sampelnya dilakukan secara sengaja, maka sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas sampel dari populasi yang ada yaitu kelas VIII-E dan VIII-G. Data penelitian ini diambil dari skor observasi dan tes penguasaan konsep siswa sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran learning cycle 5E yang kemudian dianalisis menggunakan uji t-test dan dilanjutkan dengan uji effect size cohen’s d. Hasil penelitian yang dilakukan adalah (1) Ada pengaruh model cycle learning 5E terhadap penguasaan konsep siswa pada materi operasi aljabar kelas VIII MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, (2) Besar pengaruh model cycle learning 5E terhadap penguasaan konsep siswa pada materi operasi aljabar kelas VIII MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2022/2023 sebesar 1,056 termasuk dalam kategori besar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S.Pd. 12204193017 Khalimatus Sakdiyah |
Date Deposited: | 02 May 2024 06:42 |
Last Modified: | 02 May 2024 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45168 |
Actions (login required)
View Item |