POLA BERPIKIR SERIALIST SISWA DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIS TINGGI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 1 NGANTRU

MARCHEL AKBAR PUTRA, 12204193045 (2023) POLA BERPIKIR SERIALIST SISWA DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIS TINGGI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 1 NGANTRU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pola Berpikir Serialist Siswa dengan Kemampuan Matematis Tinggi dalam MenyelesaikanMasalah Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 1 Ngantru” ini ditulis oleh Marchel Akbar Putra dengan NIM 12204193045, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagungdengan dosen pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pola berpikir siswa dengan kemampuan matematis tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya aritmatika sosial, dimana pola serialist memiliki ciri mengerjakan dengan kemampuan prosedural dan operasional dan melakukan pendekatan lokal. Adapun temuan yang ada di sekolah mitra adalah siswa mayoritas mengerjakan soal sesuai dengan apa yang diajarkan, mulai dari menuliskan unsur yang ada di soal, memilah rumus mana yang tepat hingga menuliskan kesimpulan yang valid di lembar jawaban. Dengan adanya ciri diatas, maka siswa di SMPN 1 Ngantru memiliki pola berpikir serialist. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola berpikir Serialist siswa dengan kemampuan matematis tinggi dalam menyelesaikan masalah Aritmatika Sosial siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam kegiatan penelitian ini adalah 3 siswa kelas VII-J di SMPN 1 Ngantru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes dan wawancara terbuka. Analisis data melalui tigalangkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses penyelesaian masalah siswa dengan kemampuan berpikir serialist cenderung memahami permasalahan secara urut dan sistematis yang dapat dilihat pada lembar jawaban masing-masing subjek. Siswa cenderung mengerjakan soal sesuai dengan informasi yang telah tersaji kemudian mengolah dan menghasilkan jawaban yang tepat. Dimulai dari menuliskan dan menyebutkan informasi yang diketahui, menuliskan rencana penyelesaian masalah, menyelesaiakan permasalahan yang diberikan, dan menuliskan kesimpulan dari penyelesaian masalah Kata Kunci: Pola, Berpikir, Serialist, Kemampuan Matematis, Aritmatika Sosial

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193045 MARCHEL AKBAR PUTRA
Date Deposited: 26 Apr 2024 04:30
Last Modified: 26 Apr 2024 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45199

Actions (login required)

View Item View Item