CHASANATUL MARDIYAH, 12205193044 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK UNDERACHIEVER DI MI MODERN SAKTI PERMATAHATI IBU KEPATIHAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Underachiever di MI Modern “SAKTI” Permata Hati Ibu Kepatihan Tulungagung” ini ditulis oleh Chasanatul Mardiyah, NIM: 12205193044, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU), Pembimbing: Prof. Dr.Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Underachiever Penelitian ini berangkat dari fenomena peran guru yang sangat kompleks dalam mengoptimalkan potensi peserta peserta didik. Tidak jarang potensi atau kelebihan yang dimiliki peserta didik yang belum tersalurkan menyebabkan kesulitan atau hambatan dalam proses pembelajaran, seperti underachiever. Melalui berbagai perannya, guru berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya sehingga dapat membantu meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik underachiever di MI Modern “SAKTI” Permata Hati Ibu Kepatihan Tulungagung, (2) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik underachiever di MI Modern “SAKTI” Permata Hati Ibu Kepatihan Tulungagung, (3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik underachiever di MI Modern “SAKTI” Permata Hati Ibu Kepatihan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder yaitu orang, tempat dan kertas. Teknik pengumpulan data dalam peneliti ini menggunakan tiga macam cara, yaitu observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasakan hasil temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru melalui perannya sebagai pendidik, fasilitaor, dan evaluator dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik Underachiever dengan cara menggunakan perangkat pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik, meningkatkan Sumber Daya Manusia guru dengan meningkuti seminar dan pelatihan, mengoptimalkan segala fasilitas yang ada untuk memudahkan peserta didik dalam pembelajaran, memberi bantuan sesuai kondisi, serta melakukan evaluasi sesuai kompetensi peserta didik. Evaluasi dilakukan kondisional dan berkesinambungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > ABK Pendidikan > Guru Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Sekolah Inklusi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193044 Chasanatul Mardiyah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 06:39 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 06:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45237 |
Actions (login required)
View Item |