PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK UNDERACHIEVER DI MI MODERN SAKTI PERMATAHATI IBU KEPATIHAN TULUNGAGUNG

CHASANATUL MARDIYAH, 12205193044 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK UNDERACHIEVER DI MI MODERN SAKTI PERMATAHATI IBU KEPATIHAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Underachiever di MI Modern “SAKTI” Permata Hati Ibu Kepatihan Tulungagung” ini ditulis oleh Chasanatul Mardiyah, NIM: 12205193044, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU), Pembimbing: Prof. Dr.Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Underachiever Penelitian ini berangkat dari fenomena peran guru yang sangat kompleks dalam mengoptimalkan potensi peserta peserta didik. Tidak jarang potensi atau kelebihan yang dimiliki peserta didik yang belum tersalurkan menyebabkan kesulitan atau hambatan dalam proses pembelajaran, seperti underachiever. Melalui berbagai perannya, guru berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya sehingga dapat membantu meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik underachiever di MI Modern “SAKTI” Permata Hati Ibu Kepatihan Tulungagung, (2) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik underachiever di MI Modern “SAKTI” Permata Hati Ibu Kepatihan Tulungagung, (3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik underachiever di MI Modern “SAKTI” Permata Hati Ibu Kepatihan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder yaitu orang, tempat dan kertas. Teknik pengumpulan data dalam peneliti ini menggunakan tiga macam cara, yaitu observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasakan hasil temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru melalui perannya sebagai pendidik, fasilitaor, dan evaluator dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik Underachiever dengan cara menggunakan perangkat pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik, meningkatkan Sumber Daya Manusia guru dengan meningkuti seminar dan pelatihan, mengoptimalkan segala fasilitas yang ada untuk memudahkan peserta didik dalam pembelajaran, memberi bantuan sesuai kondisi, serta melakukan evaluasi sesuai kompetensi peserta didik. Evaluasi dilakukan kondisional dan berkesinambungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > ABK
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Sekolah Inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193044 Chasanatul Mardiyah
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:39
Last Modified: 29 Apr 2024 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45237

Actions (login required)

View Item View Item