MUHAMMAD AZIZUL KAMALUDIN, 12205183077 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V MI ROUDLOTUN NASYIIN SLEMANAN UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (838kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (554kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Azizul Kamaludin, NIM. 12205183077, pembimbing Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Mind Mapping Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan kurikulum pemerintah yang tiap periodenya menetapkan standar yang berbeda sehingga membuat pendidik harus pandai dalam memilih dan menerapkan strategi yang sesuai dan pas dengan materi yang diajarkan agar siswa lebih bersemangat dalam belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar? (2) Adakah pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar afektif siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar? (3) Adakah pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan Tes, Angket, dan Dokumentasi. Tes digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan metode Mind Mapping. Angket digunakan untuk memperoleh data hasil belajar afektif. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data pengamatan saat pembelajaran. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dari tempat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V ditunjukkan dengan nilai Sig 0,042 dari probabilitas 0,05, nilai R square sebesar 0,546. Dengan presentase pengaruh sebesar 54,6% (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar afektif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V ditunjukkan dengan nilai Sig 0,003 dari probabilitas 0,05, nilai R square sebesar 0,001. Dengan demikian Ha diterima, presentase sebesar 0,1% (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar psikomotorik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V ditunjukkan dengan nilai Sig 0,044 dari probabilitas 0,05, nilai R square sebesar 0,231. Dengan demikian Ha diterima, presentase sebesar 23,1%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183077 MUHAMMAD AZIZUL KAMALUDIN |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 06:59 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 06:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45250 |
Actions (login required)
View Item |